Sponsors Link

16 Tips Menghemat Uang jajan Mahasiswa Terbaik dan Termudah

Enatah itu karena banyaknya belanja bulanan maupun tagihan, sebagai seorang mahasiswa tentunya anda harus memiliki tips menghemat uang jajan mahasiswa yang akan kita bahas kali ini. Karena akan sangat merepotkan jika anda yang belajar menuntut ilmu apalagi bagi mahasiswa yang jauh dari kelurga untuk hidup sendiri tanpa bisa mengatur keuangannya. Anda pastinya tidak mau dicap boros bukan? Nah seperti cara menyimpan uang untuk masa depan ini, berikut tips menghemat uang jajan mahasiswa yang kami anjurkan.

1. Hindari makan di luar

Entah itu di jaringan makanan cepat saji atau restoran kelas atas, biaya makan di luar lebih besar daripada memasak di rumah. Batasi makan untuk acara-acara khusus seperti ulang tahun dan hari jadi. Saat Anda makan dengan anggaran kecil, makanan cepat saji adalah taruhan terbaik Anda. Meskipun kurang sehat daripada opsi lain, Anda akan mendapatkan lebih banyak kalori untuk setiap rupiah yang Anda belanjakan.

2. Matikan lampu dan cabut elektronik

Anda akan selalu menggunakan lebih sedikit energi dan lebih sedikit uang untuk mematikan lampu dan mematikannya. Berjalan melalui kamar sebelum meninggalkan rumah Anda dan matikan semua lampu. Cabut peralatan kecil yang tidak perlu dipasang kabel seperti pembuat kopi, pemanggang roti, pengisi daya telepon.

3. Bayar Tagihan Lebih Awal

Sementara pengeluaran akan muncul dalam basis harian, mingguan, atau bulanan, penghasilan Anda bisa datang sekaligus. Jika Anda mendapatkan pinjaman pemeliharaan, misalnya, itu akan tiba dalam potongan pada awal setiap istilah. Jika Anda telah bekerja di liburan musim panas sebelum memulai kuliah, Anda akan mendapatkan jumlah sekaligus pada awal tahun seperti cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama.

4. Gunakan freeware

Freeware adalah perangkat lunak gratis. Banyak aplikasi umum dan mahal yang bergantung pada atau digunakan oleh pengguna secara teratur, memiliki versi gratis secara online. Sebelum berinvestasi dalam perangkat lunak apa pun, pastikan untuk mencari versi freeware yang tersedia.

5. Belajar memasak

Bahkan kantin kampus akan mengenakan biaya beberapa rupiah untuk sesuatu yang dapat Anda buat sendiri dalam hitungan menit. Buat sandwich Anda sendiri, isi ulang air atau botol jus, masukkan labu nenek Anda dan buat kopi Anda sendiri untuk kuliah. Gunakan pasar untuk membeli sayuran dan buah murah, beli label merek sendiri di toko-toko besar, beli buku masak yang layak dalam penjualan, atau di toko barang bekas, dan dapatkan bahan pokok seperti beras dalam jumlah besar dan Anda bisa makan dengan baik  dengan harga yang jauh lebih murah.

6. Ubah hal yang tidak dibutuhkan menjadi uang tunai

Ecommerce seperti OLX adalah tempat yang bagus untuk membeli dan menjual buku teks bekas.  Situs lelang seperti eBay juga bagus untuk menyingkirkan hadiah  yang tidak diinginkan atau pembelian yang salah. Jika tidak online, gunakan papan pengumuman kampus dan toko buku.

7. Kelola utang Anda

Anda akan ditawari cerukan siswa, kartu kredit siswa dan penyimpanan siswa tetapi pikirkan baik-baik sebelum Anda menerima salah satu dari mereka. Sebuah tabungan online berbunga rendah dapat menjadi alat yang berguna untuk membantu meregangkan uang jangka, tetapi perhatikan biaya dan tingkat bunga. Kartu kredit 0% juga dapat berguna untuk membayar barang-barang besar atau pinjaman jangka pendek, tetapi jangan menyimpan uang di atasnya lebih lama dari penawaran 0%  Anda akan beruntun dengan bunga. Jika Anda tidak memiliki kartu 0%, jangan lupa untuk menyertakan pembayaran dalam anggaran bulanan Anda.

8. Perhatikan pengeluaran Anda

Bank online, baca pernyataan Anda, lihat tanda terima, simpanlah lemari besi Anda dan bandingkan harga di supermarket dan jangan mengambil lebih dari yang Anda butuhkan dari mesin ATM. Itu semua membantu Anda tetap mengontrol apa yang Anda miliki.


9. Hindari pengeluaran yang tidak perlu

Jangan merokok, tentu saja. Ini buruk untuk kesehatan Anda dan sangat mahal. Jika Anda tinggal di akomodasi swasta pastikan Anda tidak membayar pajak dewan dan memilah lisensi TV Anda dengan teman serumah Anda. Anda hanya perlu satu untuk rumah tangga, tidak masing-masing. Dan hindari pembantu jika Anda bisa, mereka mengambil uang: berbagi beban dengan teman sekamar, menyewa mesin cuci atau laundry atau melakukan apa yang telah dilakukan oleh generasi sebelum Anda.

10. Gunakan aplikasi obrolan video atau email, bukan menelepon

Untuk menurunkan tagihan telepon Anda, Anda dapat memotong panggilan telepon lama dari rutinitas Anda. Gantilah dengan obrolan video dan email. Perangkat lunak tersedia seperti Skype, CamFrog, Facetime, dan ooVoo yang memungkinkan obrolan video / audio serta obrolan teks. Klien berbasis web untuk obrolan video juga tersedia secara gratis. Lihat Skype Web, Google Hangouts, Facebook video chat, AnyMeeting, dan TinyChat. Obrolan video memberi elemen komunikasi lain: bahasa tubuh. Nikmati melihat senyum di wajah teman dan keluarga Anda.

11. Jangan gunakan ATM dengan biaya tambahan

ATM di toserba, dan umumnya bank apa pun yang bukan milik Anda, akan membebankan biaya mulai untuk menggunakan mesin mereka. Rencanakan dengan bijak, jika Anda membutuhkan uang tunai dan tidak memilikinya, luangkan waktu untuk menemukan cabang atau ATM bank Anda seperti cara menabung agar cepat terkumpul banyak

12. Berhentilah nge-gym

Latihan fisik adalah bagian yang penting dan sehat dari kehidupan setiap orang. Namun, biaya gym tidak. Luangkan waktu untuk berlari, bersepeda, berenang, dan melakukan latihan di lantai seperti push-up dan ikal. Undang teman Anda untuk bergabung. Dengan cara ini Anda masih mendapatkan latihan Anda dan tidak perlu menghabiskan ratusan ribu / bulan untuk menggunakan alat angkat berat. Beberapa pusat kebugaran dan studio yoga menawarkan posisi belajar kerja. Anda dapat mengerjakan sejumlah kecil waktu setiap minggu sebagai pertukaran untuk akses gratis ke kelas dan penggunaan ruang. Lihat di Youtube dan situs streaming video lainnya untuk yoga, qi gong, tai chi, dan rutinitas latihan penuh untuk diikuti di rumah.

13. Ubah paket telepon Anda

Terkadang rencana telepon memiliki biaya tersembunyi dan fitur tambahan yang tidak benar-benar kita perlukan. Pertimbangkan untuk memotong fitur yang tidak Anda gunakan, atau dapat hidup tanpa. Sejumlah rencana telepon single-line dan prabayar tersedia untuk menghemat uang. Bergabung atau tinggal di paket telepon keluarga Anda. Sering kali lebih murah untuk bergabung dalam akun keluarga. Mungkin orang tuamu akan membayar tagihannya. Tetapi bahkan jika tidak, Anda akan menghemat sejumlah uang dengan memberikan bagian Anda kepada mereka.


14. Potong pembelian

Berjalan di dalam toko atau menyusuri jalan yang dipenuhi toko-toko dapat mendorong Anda untuk membeli camilan kedua terakhir. Pembelian ini, jika mereka menjadi kebiasaan, dapat perlahan-lahan menggerogoti tabungan Anda. Berhenti sebelum Anda membeli sesuatu dan pertimbangkan berapa jam Anda harus bekerja untuk membayarnya.

15. Buat Daftar Belanja

Selalu pertimbangkan uang yang Anda miliki dan apa yang benar-benar Anda butuhkan untuk dapat membayar, sebelum melakukan pembelian. Ketika Anda melihat sesuatu yang Anda sukai dan inginkan, buat diri Anda menunggu setidaknya satu jam, lalu satu hari, lalu satu minggu. Menempatkan jarak antara diri Anda dan dorongan Anda akan sering membuat Anda menjauh dari pembelian tersebut.

16. Jangan membeli barang yang tidak bisa dikembalikan

Tinggalkan kartu debit dan kartu kredit Anda di rumah sehingga Anda tidak memiliki akses ke uang.
Jangan membeli barang hanya karena sedang diobral. Ini mungkin tidak digunakan hanya dalam beberapa bulan jika tidak benar-benar sesuatu yang Anda butuhkan  atau inginkan atau tips menghemat uang jajan mahasiswa anda akan gagal.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning