Sponsors Link

17 Asuransi Pendidikan Terbaik di Indonesia

Sponsors Link

Memiliki masa depan yang terjamin cerah memang merupakan impian setiap orang tua untuk anak-anaknya. Oleh karena itu, untuk mewujudkan masa depan yang cerah banyak orang tua telah mempersiapkan dana simpanan untuk pendidikan bagi anak-anaknya. Dana simpanan pendidikan biasanya telah dipersiapkan oleh orang tua untuk menjamin bahwa anak-anaknya kelak mampu meraih jenjang pendidikan yang tinggi.

ads

Ada dua cara yang dilakukan oleh para orang tua untuk menjamin dana pendidikan bagi anak-anaknya kelak terpenuhi yaitu dengan cara menabung (tabungan pendidikan) dan asuransi pendidikan. Masing-masing dari dua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, yang akan dibahas disini ialah mengenai asuransi pendidikan. Berikut 17 asuransi pendidikan terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi/ bahan pertimbangan sebelum bergabung menjadi anggota asuransi.

1. Asuransi Pendidikan Prudential

Asuransi yang terkenal dengan slogannya “Always Listening, Always Understanding” ini merupakan asuransi yang berdiri sejak tahun 1995 dan salah satu bagian dari grup perusahaan Prudential Plc di Inggris. Perusahaan asuransi yang cukup terpercaya dengan berbagai penghargaan prestisius ini selain memiliki asuransi jiwa yang telah diakui sebagai the best insurance juga ternyata memiliki asuransi pendidikan yang patut dipertimbangkan. Asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan prudential terdiri dari dua jenis yaitu asuransi pendidikan umum (PRUlink edu protection) dan asuransi pendidikan syariah (PRUlink syariah edu protection). Masing-masing dari kedua jenis asuransi tersebut memiliki kelebihan dalam sistem hukum atau peraturannya masing-masing.

(Baca juga : Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia)

2. Asuransi Pendidikan Manulife

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1985 dan salah satu bagian dari grup perusahaan Manulife Financial Corporation, grup perusahaan yang menyediakan layanan keuangan yang berasal dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat ini merupakan perusahaan besar yang terkena dengan asuransi jiwa-nya. Meskipun, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) terkenal dengan asuransi jiwa-nya, namun untuk asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan ini juga patut diperhitungkan.

Asuransi pendidikan yang dimiliki oleh perusahaan ini yaitu StudyLink. Asuransi StudyLink menjamin dana perlindungan bagi dana pendidikan anak dari usia 6 sampai 23 tahun. Ada dua pilihan plan (rencana) dari asuransi StudyLink milik perusahaan Manulife Indonesia ini, yaitu Plan Crystal dan Plan Diamond. Asuransi StudyLink Plan Crystal memiliki premi asuransi yang lebih kecil daripada asuransi StudyLink Plan Diamond. Namun, manfaat lebih pada asuransi StudyLink Plan Diamond dapat lebih dirasakan daripada asuransi StudyLink Plan Crystal.

(Baca juga : Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia)

3. Asuransi Pendidikan AXA Mandiri

Ini merupakan perusahaan yang dimiliki secara bersama (patungan) oleh dua perusahaan besar, yaitu PT Bank Mandirin (Persero) dan AXA Group. Perusahaan yang sebenarnya berfokus pada asuransi pendidikan ini juga ternyata menawarkan asuransi pendidikan yang patut dijadikan salah satu pilihan, yaitu asuransi mandiri sejahtera cerdas. Asuransi mandiri sejahtera cerdas disamping manfaat utamanya sebagai perlindungan terhadap dana pendidikan anak juga memberikan manfaat lebih lainnya seperti manfaat santunan dengan uang pertanggungan 100% saat terjadi meninggal dunia, cacat tetap total, meninggal dunia setelah diagnosa cacat tetap total, dan pada akhir asuransi.

Baca juga : Asuransi Kesehatan yang Bagus

4. Asuransi Pendidikan Allianz

Perusahaan asuransi yang dimiliki oleh Allianz Group ini menawarkan manfaat tambahan asuransi pendidikan dengan pemberian tambahan dana maksimum 240% dari uang pertanggungan. Selain manfaat tambahan dengan pemberian dana tambahan, asuransi pendidikan Allianz juga memberikan perlindungan jiwa bagi tertanggung (anak) dan penanggung (orang tua).

Baca juga : Cara Mendaftar Asuransi Allianz

5. Asuransi Pendidikan BNI Life

Perusahaan asuransi yang merupakan anak dari perusahaan induk PT BNI Life Insurance (BNI Life) ini menawarkan berbagai produk asuransi yang cukup lengkap yaitu mulai dari asuransi kehidupan (jiwa), kesehatan, pendidikan, investasi, pensiun dan syariah. Perusahaan asuransi yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1997 ini, untuk asuransi pendidikan umum (non syariah) memiliki dua produk asuransi pilihan yaitu Solusi Pintar dan Smart Education. Perbedaan yang mendasar antara dua produk asuransi pilihan dari BNI Life yaitu usia masuk kepesertaan. Jika asuransi pendidikan Solusi Pintar, usia masuk mulai dari 0 maka untuk asuransi Smart Education, usia masuk kepesertaan mulai dari 6 bulan.

Sponsors Link

Selain, asuransi pendidikan berbasis umum, BNI Life juga menawarkan asuransi pendidikan berbasis syariah yaitu Wadi’ah Cendikia. Asuransi pendidikan Wadi’ah Cendikia menyiapkan dana bagi pesertanya secara bertahap sesuai tingkat pendidikan peserta.

Baca juga : Cara Mendaftar Asuransi Bumiputera

6. Asuransi Pendidikan BRI Life

Perusahaan asuransi yang didirikan pada awalnya bertujuan untuk memenuhi dan melengkapi pelayanan nasabah perbankan bank BRI ini khususnya nasabah kredit kecil akhirnya dengan melihat besarnya peluang pengembangan bisnis asuransi membuka PT Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera (BRI Life) pada tanggal 28 Oktober 1987 dengan dana pensiunan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Perusahaan asuransi ini pada awalnya hanya menyediakan asuransi jiwa, kesehatan, program dana pensiun, kecelakaan diri, anuitas dan program kesejahteraan hari tua. Setelah lama berjalan, dalam perkembangan dan perluasan pelayanan, BRI Life menawarkan asuransi pendidikan dan asuransi yang berbasis syariah.

Untuk asuransi pendidikan, BRI Life menawarkan dua produk asuransi, yaitu BRI Life Danasiswa (berbasis umum) dan BRI Life Danasiswa Syariah (berbasis syariah). Dari keterangan dua produk asuransi pendidikan tersebut tidak ada perbedaan yang signifikan, perbedaan keduanya hanya pada basis hukum yang mengaturnya.

Baca juga : Asuransi Mobil yang Bagus di Indonesia

7. Asuransi Pendidikan Panin

Perusahaan asuransi yang merupakan bagian dari Panin Group ini telah berdiri dan melayani masyarakat selama 40 tahun. Perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi utama, asuransi jiwa ini ternyata juga memiliki asuransi pendidikan.  Produk asuransi pendidikan yang ditawarkan yaitu Kids Edu Plan. Kids Edu Plan menawarkan manfaat fasilitas tahapan pendidikan pada saat usia anak 14 tahun dan 17 tahun.

Baca juga : Fungsi Asuransi

8. Asuransi Pendidikan BCA

Selain menyediakan jasa perbankan, PT Bank Central Asia Tbk juga menawarkan berbagai produk asuransi, salah satunya asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan BCA bernama Maxi Kid Investa yang menawarkan jaminan dana pendidikan sedini mungin.

Baca juga : Dasar Hukum Asuransi Syariah

9. Asuransi Pendidikan Takaful

Perusahaan asuransi takaful merupakan perusahaan asuransi berbasis syariah pertama yang berdiri di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan produk utama asuransi jiwa. Untuk asuransi pendidikan, perusahaan asuransi ini menawarkan produk asuransi fulnadi (takaful dana pendidikan). Premi angsuran asuransi fulnadi sangat fleksibel tergantung kebutuhan. Meskipun fleksibel dalam premi angsurannya, asuransi fulnadi (takaful dana pendidikan) tetap memberikan perlindungan dana jaminan pendidikan hingga perguruan tinggi.

ads

10. Asuransi Pendidikan Jiwasraya

Asuransi JS Prestasi merupakan asuransi pendidikan yang dimiliki oleh PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) yang membatasi masa pertanggungan asuransi hanya selama 9 tahun. Disamping masa pertanggungan yang singkat, asuransi JS Prestasi juga membatasi usia masuk sebagai anggota asuransi pendidikan yaitu dari usia 0 – 5 tahun.

Baca juga : Jenis Asuransi Kerugian

11. Asuransi Pendidikan AJB Bumiputera

Perusahaan asuransi, PT. AJB Bumiputera 1912  ini sudah cukup tua karena telah berdiri sejak 103 tahun yang lalu. Oleh karena usianya yang sudah cukup lama, perusahaan asuransi ini dapat dijadikan salah satu dari perusahaan asuransi yang terpercaya yang menawarkan berbagai produk asuransi salah satunya yaitu asuransi pendidikan. Untuk asuransi pendidikan, perusahaan asuransi ini menyediakan dua pilihan asuransi yaitu Mitra Cerdas dan Mitra Beasiswa.

Baca juga : Jenis Asuransi Kendaraan

12. Asuransi Pendidikan Generali

Perusahaan asuransi Generali merupakan perusahaan asuransi yang berdiri di Italia sejak tahun 1831. Perusahaan asuransi ini merupakan perusahaan asuransi terbesar di Eropa. Oleh karena usianya, perusahaan asuransi Generali dapat dijadikan salah satu pilihan untuk berasuransi. Untuk asuransi pendidikan, perusahaan asuransi ini memiliki produk Iplan yang memberikan jaminan biaya pendidikan sejak dini hingga perguruan tinggi.

13. Asuransi Pendidikan Avrist

Perusahaan asuransi Avrist atau PT Avrist Assurance (Avrist) ini merupakan perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak tahun 1975 secara patungan. Sebernarnya, perusahaan asuransi avrist  merupakan perusahaan yang berfokus pada asuransi jiwa namun belakangan telah banyak kanal asuransi yang disediakan oleh perusahaan ini yang salah satunya yaitu asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan avrist (Grand Edu) menawarkan keuntungan hasil investasi dana yang disimpan melebihi jumlah yang ditawarkan oleh deposito.

14. Asuransi Pendidikan Sinarmas

Perusahaan asuransi yang bernama PT Asuransi Sinar Mas sebenarnya perusahaan asuransi jiwa yang baru-baru saja merambah asuransi bidang lain yaitu asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan Sinarmas yaitu Simas Kid Insurance. Asuransi Simas Kid Insurance menjanjikan pemberian manfaat secara berkala pada setiap jenjang pendidikan anak.

15. Asuransi Pendidikan AXA Life

Perusahan asuransi yang merupakan bagian dari AXA Group ini tidak seperti perusahaan asuransi umum lainnya, perusahaan asuransi ini menawarkan produk asuransi pendidikan yang berbasis syariah. Cerdas Amanah Syariah merupakan produk dari perusahaan asuransi AXA Life. Terdapat berbagai manfaat lebih atau keunggulan dari asuransi Cerdas Amanah Syariah ini yaitu santunan senilai 100% uang pertanggungan apabila peserta meninggal dunia dan/ atau mengalami resiko cacat tetap total. Disamping manfaat tersebut, masih banyak manfaat lain dari produk asuransi berbasis syariah ini.

16. Asuransi Pendidikan Commonwealth Life

Commonwealth Life merupakan perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak tahun 1990 dan telah terdaftar serta diawarsi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan asuransi ini sebenarnya perusahaan asuransi yang menggabungkan antara asuransi jiwa dan investasi. Oleh karena itu, untuk asuransi pendidikan, asuransi ini tidak memiliki produk asuransi khusus namun ada asuransi jiwa investasi yang memberikan manfaat lebih bagi orang tua yang menjadi peserta asuransi di perusahaan ini, yaitu Danatra Cendekia.  Danatra Cendekia, produk asuransi yang sebenarnya menawarkan perlindungan jiwa namun tidak hanya perlindungan jiwa, produk asuransi ini juga memberikan kepastian dana pendidikan bagi putra-putri atau anak dari anggota asuransi (tertanggung).

Dari semua daftar asuransi pendidikan yang telah dijelaskan diatas, perlu diketahui bahwa asuransi dapat memberikan manfaat apabila komitmen untuk selalu membayar premi dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang bijak, pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anak dan juga cukup ringan dalam pembayaran premi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Asuransi