Sponsors Link

5 Fungsi Asuransi Kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi. Apalagi dalam hal masa depan, masa depan adalah hal yang tidak pasti dan tidak pernah kita tahu. Bisa saja dalam hal pekerjaan kita dapat bangkrut tiba-tiba, mengalami kerugian maupun kita dapat mengalami masa kesusahan dana. Dalam hal kesehatan misalnya, kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi dimanapun kita berada mungkin kesalahan dalam hal lalu lintas, maupun kurangnya kita menjaga kesehatan menyebabkan kita sakit mendadak, bahkan kematian dapat menimpa tiba-tiba. Belum lagi dalam hal pendidikan, belum tentu biaya penddikan sekarang akan sama persisi di masa depan di era yang semakin berkembang ini. Dalam hal ini disinilah asuransi memliki peranan yang sangat penting. (Baca juga : kegiatan usaha Bank syariah , Dasar Hukum Asuransi Syariah)

ads

Kita sering mendengar apa itu yang disebut dengan asuransi. Asuransi biasa juga disebut jaminan pertanggungan. Jaminan yang diberikan asuransi biasanya berupa jaminan atas kebangkrutan atau kerugian kita dalam pekerjaan, jaminan atas sehat, hidup, dan tiadanya kita, jaminan di hari tua, jaminan masa depan anak cucu kita dan lain sebagainya.

Baca juga :

Fungsi Asuransi Kehidupan

1. Aman

Mengapa ada rasa aman, dikarenakan dengan adanya asuransi kita sudah tertanggung atas segala apa yang kita asuransikan, dengan kata lain sama dengan kita menabung untuk masa depan yang lebih baik, dan juga untuk berjaga-jaga untuk sesuatu yang terjadi tidak pasti dimasa yang akan datang. (Baca juga : tujuan ekonomi kreatif – manfaat ekonomi kreatif , Dasar Hukum Asuransi)

2. Mekanisme Pengalihan Resiko

Fungsi kedua dari asuransi adalah sebagai mekanisme pengalihan/transfer  resiko yaitu mengalihkan resiko dari satu pihak yaitu tertanggung kepada pihak lain yaitu penanggung. Disini dapat dijelakan conohnya jika kita mendpaatkan suatu hal yang tak terduga misalkan terjadi  kecelakaan sepeda motor, resiko yang kita dapat yaitu cedera tubuh, rusaknya sepeda motor, apabila sebuah kecelakaan datangnya dari kita sendiri maka kita harus bertanngung jawab, maka dengan pengalihan resiko ini asuransi dapat menjamin kesehatan kita, dengan asuransi kita juga mendapat keringanan atas beban bertanggung jawabnya kita atas kecelakaan yang terjadi, dan juga asuransi atas kendaraan kita. (Baca juga : contoh tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari , Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional)

Sponsors Link

3. Menghindari Hal Tak Terduga

Contohnya dengan berkembangnya teknologi dan arus globalisasi yang terus mengalir, maka kita tidak tahu bagaimana biaya pendidikan kedepan, berapa biaya kesehatan yang akan kita tanggung dengan berkembanganya alat-alat medis, sehingga kita memerlukana danya asuransi. Hal-hal yang tak terduga yang lain adalah dalam berbisnis kita tidak tahu kapan kita mendapatkan keuntungan besar dan kerugian yang meningkatkan, dalam perusahana misal karyawan juga memerlukan jaminan dalam hal kecelakaan kerja, maka dari itu asuransi diperlukan.

Baca Juga:

Hal tak terduga atas kelalaian atau ketidakberuntungan contohnya suatu ketika rumah kita mendapatkan hal seperti kebakaran, pencurian maupun bencana alam, belum lagi atas kendaraan kita yang dicuri amupun mendapatkan kecelakaan, asuransi sangat berperan penting dalam hal-hal seperti itu. (Baca juga : tindakan ekonomi rasional )

4. Perangsang Pertumbuhan Ekonomi

Kita tahu bahwa banyak sekali usaha yang dilakukan di Indonesia. Dlaam setiap usaha yang ada membutuhkan adanya asuransi, Hal ini dikarenakan dengan adanya asuransi, maka kerugian dalam sebuha usaha dapat terkendali, karena kita tahu bahwa fungsi asuransi adalah untuk menlindungi hal-hal yang terduga, dalam sebuah usaha misalnya untuk membantu meringankan beban perusahaan salah satunya ketika sebuah usaha mendapatkan kerugian maka asuransi akan mengendalikan kerugian tersebut dan dapat mensstabilkan kembali finansial usah tersebut. Sehingga dengan pengendalian kerugian yang dilakuakn asuransi maka pertumbuhan ekonomi tidak akan menurun begitu drastis.

Artikel terkait :

Sponsors Link

5. Simpanan di masa depan

Kita tidak tahu bagaimana perekonomian kita kedepan, karena seperti yang dijelaskna di awal bahwa masa depan adalah hal yang tidak pasti dan tidak dapat diperkirakan, belum tentu tercukupi ekonomi kita dimasa yang akan datang dikarenakan roda akan terus berputar. Maka diharapkan dengan adanya asuransi, kita mendapat pertanggungan yang sesuai dengan berapa yang kita tanam saat ini dan dapat kita tuai pada saat kita membutuhkan kelak. (Baca juga : teori perilaku konsumen dan produsen , Cara Mendapatkan Modal Usaha)

Asuransi sangat menguntungkan bagi keberlangsungan hidup kita apabila kita memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Kita mendapatkan simbiosis mutualisme karena menggunakan asuransi karena kita membayarkan premi yang harus di bayarkan sedangkan pihak asuransi akan memberikan jaminan kepada kita, selain itu dengan berpegang pada sedia payung sebelum hujan maka kita dapat menghindari hal-hal yang tidak terduga dan menuai apa yang kita tanam untuk kelangsungan hidup di masa depan yang tidak pasti dan yang tidak pernah kita tahu.

Baca Juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Asuransi