Sponsors Link

11 Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ekonomi Indonesia

Kewirausahaan memainkan peran yang berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi dan standar kehidupan negara. Sebagai pendiri startup atau pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir bahwa Anda hanya bekerja keras untuk membangun bisnis Anda sendiri dan menyediakan untuk diri sendiri dan keluarga Anda. Tetapi Anda benar-benar melakukan jauh lebih banyak untuk komunitas lokal Anda, negara bagian, wilayah, dan negara secara keseluruhan. Berikut adalah peran Kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia dan hal penting yang dimainkan oleh wirausahawan dalam pembangunan ekonomi suatu negara.

ads

1. Penciptaan Kekayaan dan Berbagi

Dengan membentuk badan usaha, pengusaha menginvestasikan sumber daya mereka sendiri dan menarik modal dalam bentuk utang, ekuitas, dll. Dari investor, pemberi pinjaman dan masyarakat. Ini memobilisasi kekayaan publik dan memungkinkan orang untuk mengambil manfaat dari keberhasilan pengusaha dan bisnis yang sedang berkembang. Jenis modal yang dikumpulkan ini yang menghasilkan penciptaan dan distribusi kekayaan adalah salah satu keharusan dan tujuan utama pembangunan ekonomi seperti jenis usaha ekonomi yang dikelola oleh kelompok.

2. Menghasilkan Pekerjaan

Pengusaha pada dasarnya dan definisi pencipta pekerjaan, yang bertentangan dengan pencari kerja. Terjemahan sederhana adalah bahwa ketika Anda menjadi seorang pengusaha, ada satu pencari kerja yang kurang dalam ekonomi, dan kemudian Anda memberikan pekerjaan untuk beberapa pencari kerja lainnya. Penciptaan lapangan kerja seperti ini oleh bisnis baru dan yang sudah ada lagi adalah salah satu tujuan dasar pembangunan ekonomi. Inilah sebabnya mengapa Pemerintah.

3. Pembangunan Regional yang Seimbang

Pengusaha yang membangun bisnis baru dan unit industri membantu pengembangan regional dengan menempatkan di daerah yang kurang berkembang dan tertinggal. Pertumbuhan industri dan bisnis di bidang-bidang ini mengarah pada perbaikan infrastruktur seperti jalan dan rel kereta api yang lebih baik, bandara, pasokan listrik dan air yang stabil, sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan layanan publik dan swasta lainnya yang sebelumnya tidak akan tersedia.

Setiap bisnis baru yang berlokasi di daerah yang kurang berkembang akan menciptakan lapangan kerja langsung dan tidak langsung, membantu mengangkat ekonomi regional dengan berbagai cara. Pengeluaran gabungan oleh semua karyawan baru dari bisnis baru dan pekerjaan pendukung di bisnis lain menambah output ekonomi lokal dan regional. Baik pemerintah pusat maupun negara bagian mempromosikan pengembangan daerah semacam ini dengan menyediakan berbagai bisnis dan konsesi UKM terdaftar seperti contoh ekonomi agriultur.

4. Pendapatan PDB dan Per Kapita

Sektor UMKM Indonesia, yang terdiri dari 36 juta unit yang menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 80 juta orang, kini menyumbang lebih dari 37% dari PDB negara. Setiap penambahan baru untuk 36 juta unit ini menggunakan lebih banyak sumber daya seperti tanah, tenaga kerja dan modal untuk mengembangkan produk dan layanan yang menambah pendapatan nasional, produk nasional dan pendapatan per kapita negara. Pertumbuhan dalam PDB dan pendapatan per kapita ini merupakan salah satu tujuan utama pembangunan ekonomi.

5. Standar Hidup

Mereka meningkatkan standar kehidupan masyarakat dalam suatu komunitas adalah tujuan utama pembangunan ekonomi. Pengusaha kembali memainkan peran kunci dalam meningkatkan standar hidup di komunitas. Mereka melakukan ini tidak hanya dengan menciptakan pekerjaan, tetapi juga dengan mengembangkan dan mengadopsi inovasi yang mengarah pada peningkatan kualitas hidup karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya di masyarakat. Misalnya, otomatisasi yang mengurangi biaya produksi dan memungkinkan produksi yang lebih cepat akan membuat unit bisnis lebih produktif, sementara juga menyediakan pelanggan dengan barang yang sama dengan harga lebih rendah.

6. Ekspor

Setiap bisnis yang sedang berkembang pada akhirnya akan ingin memulai dengan ekspor untuk memperluas bisnis mereka ke pasar luar negeri. Ini adalah unsur penting dari pembangunan ekonomi karena menyediakan akses ke pasar yang lebih besar, dan mengarah pada arus masuk mata uang dan akses ke teknologi mutakhir dan proses yang digunakan di pasar luar negeri yang lebih maju. Manfaat utama lainnya adalah ekspansi ini yang mengarah pada pendapatan bisnis yang lebih stabil selama kemerosotan ekonomi dalam ekonomi lokal.

7. Pengembangan Masyarakat

Pembangunan ekonomi tidak selalu diterjemahkan ke dalam pengembangan komunitas. Pengembangan masyarakat membutuhkan infrastruktur untuk pendidikan dan pelatihan, layanan kesehatan, dan layanan publik lainnya. Misalnya, Anda membutuhkan pekerja yang berpendidikan tinggi dan terampil dalam suatu komunitas untuk menarik bisnis baru. Jika ada lembaga pendidikan, sekolah pelatihan teknis dan peluang magang, yang akan membantu membangun kumpulan pekerja yang terdidik dan terampil seperti jenis-jenis saham biasa.

Sponsors Link

8. Berinvestasi Dalam Produk dan Layanan 

Apa yang memotivasi seseorang untuk memulai bisnis baru? Menurut model tradisional, wirausahawan menciptakan bisnis baru sebagai tanggapan terhadap kebutuhan dan permintaan yang tidak terpenuhi di pasar. Artinya, ada peluang untuk menyediakan produk atau layanan yang saat ini tidak ada, atau tersedia. Para ekonom menyebut para pelaku bisnis ini sebagai “pengusaha peluang” untuk membedakan orang-orang ini dari mereka yang memulai bisnis karena kurangnya kesempatan kerja yang lebih baik.

Apa yang disebut “peluang” wirausaha, yang meluncurkan perusahaan baru sebagai respons terhadap kebutuhan pasar, adalah pemain kunci dalam hal mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah. Mereka memungkinkan akses ke barang dan jasa yang dibutuhkan populasi untuk menjadi produktif. Ini bukan untuk mengabaikan “kebutuhan” pengusaha yang meluncurkan perusahaan karena mereka tidak memiliki pilihan lain seperti karakteristik perusahaan dagang.

9. Perdagangan dan Integrasi Ekonomi Regional

Teknologi telah memungkinkan bagi usaha kecil yang dipimpin oleh pengusaha untuk ekspansi ke pasar regional dan global. Ketika bisnis baru mengekspor barang dan jasa ke daerah terdekat, perusahaan-perusahaan ini berkontribusi langsung terhadap produktivitas dan pendapatan daerah. Peningkatan pendapatan ini memperkuat ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan populasi secara keseluruhan. Ekonomi yang berdagang satu sama lain hampir selalu lebih baik. Politik samping, terlibat dalam perdagangan regional dan internasional mempromosikan investasi dalam transportasi dan infrastruktur regional, yang juga memperkuat ekonomi. Ini tidak pernah lebih benar daripada sekarang, karena kita hidup dalam ekonomi global yang semakin saling berhubungan.

10. Teknologi Baru Mempromosikan Efisiensi

Kemampuan mengubah ide menjadi produk dan layanan baru yang dibutuhkan orang adalah sumber kemakmuran bagi negara maju. Pertumbuhan ekonomi, secara umum, didorong oleh teknologi baru dan aplikasi kreatif mereka. Periode inovasi cepat secara historis telah disertai oleh periode pertumbuhan ekonomi yang kuat. Dorongan inovasi adalah sumber daya alam terbesar dari semua: pikiran manusia. Menciptakan produk dan solusi inovatif membutuhkan populasi terdidik dan lingkungan di mana kerja kolaboratif dapat dilakukan. Selain menjadi baik untuk bisnis, pendidikan meningkatkan kreativitas dan kualitas hidup pekerja.

11. Mengatasi Tantangan Lingkungan

Inovasi akan terus penting ketika datang untuk mengatasi tantangan lingkungan yang sangat besar yang kita hadapi hari ini: memerangi perubahan iklim, menurunkan emisi gas rumah kaca global, dan melestarikan keanekaragaman hayati di lingkungan. Tanpa listrik untuk waktu yang lama, perdagangan terhenti. Tanpa air, kita tidak bisa hidup. Akses yang dapat diandalkan untuk inovasi ini seperti teknologi irigasi, listrik, dan infrastruktur perkotaan meningkatkan produktivitas dan meningkatkan pembangunan ekonomi.

Sponsors Link

Namun, penting untuk memahami bahwa kewirausahaan dan inovasi bergantung pada akses dan partisipasi. Bagi wirausahawan untuk membawa ide-ide baru ke kehidupan, mereka membutuhkan akses ke pendidikan dan lapangan yang bisa bersaing. Dalam hal ini, peran pemimpin pemerintah dan kebijakan publik adalah untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan lebih banyak pengusaha untuk memulai bisnis dengan menerapkan kebijakan yang memelihara lingkungan itu sehingga bisnis tersebut dapat tumbuh. Pertumbuhan ekonomi menderita ketika aktivitas kewirausahaan tersebar tidak merata secara sosio-ekonomi, demografi, dan geografis. Dalam kondisi yang tepat, wirausahawan memiliki kekuatan yang luar biasa: mereka membantu wilayah-wilayah regional makmur secara ekonomi, dan mereka juga melayani masyarakat ketika mereka membantu merancang solusi inovatif untuk masalah dan tantangan.

, ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Mikro