Sponsors Link

14 Fungsi Koperasi dalam Kehidupan Sehari Hari

Koperasi merupakan panutan perekonomian yang berwatak sosialis. Alasannya adalah karena koperasi merupakan suatu wadah diamana disitu terjadi hubungan antar anggota koperasi satu dengan yang lain, dimana disini diusung kata kerjasama karena koperasi merupakan usaha bersama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat berdasarkan konsep tolong menolong. Konsep tolong menolong ini berasas kekeluargaan. Karena disini anggota memiliki motto satu untuk semua, semua untuk satu. Maksudnya usaha bersama yang kita buat ini adalah berasal dari tiap- tiap anggota yang nantinya yaitu untuk meningkakna kesejahteraan bersama, dari usah bersama yang terkumpul dari semua anggota inilah yang nantinya dapat membantu seseorang yang membutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan seseorang tersebut. (Baca juga : kebutuhan dasar manusia)

Koperasi sendiri bukan untuk mengumpulkan modal melainkan merupakan kumpulan anggota karena untuk mensejahterkan anggota pada khusunya dan masyarakat pada umunya. Sehingga dari kumpulan anggota ini nantinya terkumpulan kumpulan modal yang berguna abagi kesejahterana anggota. Keanggotaan yang disusng adlaah keanggotan secara sukarela tanpa paksaan, pengeloalaannya pun dilakuakn secara demokrasi. (Baca juga : landasan struktur koperasi)

Dari penjelasan diats dapat diambil kesimpulan abhwa koperasi merupakan usaha bersama untuk meningkatkan kesejateraan. Kita sudah mengetahui koperasi, maka dari itu, kita juga perlu mengetahui  fungsi dan peran koperasi  yang dapat dijelaskna dalam berbagai bidang berikut:

Menurut Undang – Undang

Menurut Undang – undang nomor 25 tahun 1992 pasal 4  telah dijelaskan dengan jelas bahwa  fungsi koperasi adlaah sebagia berikut: (Baca juga : dasar hukum koperasi – badan hukum koperasi)

1. Mensejahterakan Masyarakat

Membangun, mengembangkan dan meningkatkan produksi serta kemampuan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat yang tujuannya adalah kesejahteraan di bidang ekonomi dna social. Jadi disini dijelaskan bahwa koperasi berfungsi untuk membangun dan mengembangkan produksi. Hal ini dilakuakan agar dalam proses produksi sendiri perlu adanya pengembangan bagaimana produk tersebut dapat sampai ke tangan konsumen.

Dengan dikembangkannya produksi diharapkan dapat meningkatkan mutu kualitas serta minat konsumen untuk membeli semakin tinggi. Selain itu membangun dan mengembangkan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umunya disini diamaksudakan bahwa dengan adanya koperasi kemampuan ekonomi anggota koperasi setidaknya minimal dapat memenuhi kebutuhan sehari – hari mereka, sehingga terciptalah kesejahteraan ekonomi dan social pada masyarakat

2. Mempertinggi kualitas kehidupan

Koperasi berperan dalam mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Koperasi memiliki asas kekeluargaan, dimana koperasi akan memberikan pinjaman terhadap anggotanya. Disini biasanya koperasi akan memberikan pinjaman kepada anggotanya yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya, maka dari itu dengna trbantunya dana dari koperasi manusia bisa menngkatkan kualitas dari kehidupannya, melalui perantara dari usahanya (Baca juga : asas- asas koperasi)

3. Menguatkan perekonomian

Menguatkan perekonomian sebagai dasar dan ketahanan perekonomian nasioanal dengan koperasi sebagai panutannya. Dengan koperasi kita dapat memperkukuh perekonomian karena koperasi merupakan panutan dari perekonomian, karena koperasi berperan untuk mensejahterakan perkeonomian dari anggotanya sehing apabila taraf kesejahteraan masyarakatnya naik, membuat taraf perekonomian juga kukuh.


4. Mengembankan perekonomian nasiaonal

Mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berasas kekeluargaan dan demokrasi nasional. Asas yang dianut koperasi merupakan asas kekeluargaan, dimana apa saja hal yang perlu untuk didiskusikan, dilakuakn secara musyawarah untuk mengambil keputusan secara mufakat, inilah yang mneyebabkan koperasi berbeda dari aynag alian.

Selain itu, koperasi juga menganut demokrasi dimana semuaa anggota bebes untuk menegeluarkan pendapatnay auntuk mengambil kebijakan dlaam musyawarah , yang mana keputusna yang akan kita ambil adalah hasil dari penyatuan pendpaat yang dimusyawarahkan sehingga terbentuklah sebuah kepurtusan akhir. (Baca juga : permodalan koperasi)

Menurut Alirannya

  1. Aliran Yardstick

Pada masa aliran ini, system ekonomi masyarakat yaitu system ekonomi liberal. Sistem ekonomi liberal merupakan kebebasan berada di tangan individu tanpa campur tangan pemerintah. Disini di jelaskan bahwa menurut aliran ini pemerintah tidak ikut campur dalam kegiatan ekonomi dan kegiatan koperasi. Koperasi disini memiliki fungsi sebgai alat pengukur, penyeimbang, dan pengoreksi. Fungsi – fungsi tersebut dicannagkan untuk mengatsai dampak dari system ekonomi kapitalis itu snediri.  Sehingga koperasi disini memiliki tiga fungsi tersendiri, dan kesemuanya adalah untuk kepentingan sisitem ekonomi liberal atau yan kita sebut dengan sisitem ekonomi kapitalis.

  1. Aliran Sosialis

Pada masa aliran ini berfungsi umtuk menggantikan isstem ekonomi kapitalis atau liberal menjadi system ekonomi sosialais. Hal ini karena aliran ini snagat mendukung adanya koperasi dan perkembangannya. Mulai dari sinilah peran serta pemerintah  trut andil untuk ikut campur dalam perekonomian suatu Negara. Sehingga koperasi berfungsi untuk menciptakan masayrakat yang sosialis, yaitu masyarakat yang saling membutuhkan satu sama lain.

  1. Aliran persemakmuran

Pada masa aliran ini, sisitem ekonomi yang dianut masyarakat yaitu system ekonomi campuran gabungan dari ssitem ekonomi liberal dan sisitem ekonomi komando. Liberal dimana kebebeasan ada di tangan individu, dan namun juga sisitem ekonomi komando dimana  adanya campur tangan pemerintah di dalamnya. Sehingga pada masa aliran ini tumbuh kembang koperasi sudha muali di dukung, Sehingga pemerintah mmeiliki tanggung jawab dalam pendirian koperasi kemudian anggota koperasi memiliki kebebbasan penuh dalam menjalankan koperasi. Maka dari itu pada masa aliran ini koperasi tumbuh begitu pesat. Dan fungsi yang dianut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur

Bidang Ekonomi

  1. Menghindarkan dari monopoli

Dalam perekonomian pasti sealu ada yang dinamkan dnegan monopoli. Monopoli ini dirasa snagat merugikan bagi masyarakat, karena sama dengan meumpuk kekayaan dan kekuasaan. Maka dari itu adanya koperasi diharapkan dapat menghindarkan masyarakat dari adanya monopoli tersebut (Baca juga : peranan koperasi simpan pinjam)

  1. Mengembangangkan keterampilan dalam berwirausaha

Wirausaha adalah usaha seseorang untuk melakuakn kegiatan usah, diamna kegiatan ini nanatinya akan meningkatakna pendpatan dari amsyarakat itu sendiri. Speerti yang kita ketahui berwirausaha sendiri dengan keahlian yang kita memiliki memeilki keuntungan yang signifikan, Maka dari tu dnegna bantuan dana dari koperasi diharapkan usah ayang akan dirintis oleh masyarakat tersebut akan meningkatkan pendpaatan, sehingga menyebabkan kestabilan ekonomi yang akhirnya berimbas pada kekukuhan perekonomian.

  1. Sistem pembagian sisa hasil usaha

Keunggulan dari koperasi sendiri adalah adanya pemebagian sisa hasil usaha. Sisa hasil usaha ini diperuntukkan bagi anggota sbegai balas jasa karena sudah memenafaakan jas akoperasi dnegan sebaik –baiknya  pembagian SHU ( Sisa Hasil Usaha ) tidak semata mata dari modal seorang anggota melainkan juga berdasar pada perimbangan jasa anggota.

Sisa Hasil Usaha yang diterima oleh anggota adalah penjumlahan dari jasa modal ( jasa karena telah menyimpan uang di koperasi ), jasa penjualan ( jasa karena melakukan transaski penjualan yang dialkauakn koperasi kepada anggota, taua anggota melakukan pembelian di koperasi ), dan jasa pembelian ( jasa karena produk yang dihasilkan anggota dibeli oleh koperasi. Sehingga enjumalahan dari ketiga jasa tersebut inilah yang akan dialokasikan menjadi SHU yang diterima masyarakat. (Baca juga : aturan koperasi simpan pinjam)

  1. Menjadikan masyarakat berpikiran nasional.

Rasionala yang dijelaksna disini adalah tindakan ekonomi rasional dalam memanfaatkan pendapatan yang dimiliki oleh anggota. Disini dnegan adanaya koperasi pendapatan yang diperoleh dapat dimanfaatkan dnegan baik, agar menmabah manfaat dan dapat digunakna untuk meningkatkan pendapatannya.


Bidang Sosial

  1. Menumbuhkembangkan rasa kekeluargaan dan

Kita mengetahui bahwa asas dari koperasi adlaah kekeluargaan, dimana keputusan diambil dalam musyawarah untuk mencapai mufakat. Dnegan asas kekeluargaan yang dianut nantinya akan menjadikan rasa persaudaraan antar anggota akan meningkat karena dnegan adanya musyawarah akan meningkatkan rasa persaudaraan untuk memeahami satu sama lain dan mengahrgai pendapat yang telah diputuskan (Baca juga : pengertian motif ekonomi)

  1. Meningkatkan semangat kerja dan kerja sama

Dijelaskan diatas bahwa motto dari koperasi adalah satu untuk semua semua untuk satu. Untuk mencapai kesejahteraan bersama maka kita harus semnagat kerja dengan memenfaatkan jasa yang telah diberikan oleh koperasi dan juga harus bekerja sama karena satu untuk semua, dimana semua anggota melakukan hal ini akrena untuk mencapi tujuan bersama (Baca juga : contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari)

  1. Menumbuhkan rasa rela berkorban, betanggung jawab, kemandirian, persamaan dan demokrasi

Semua hal itu adlah nilai yang terkandung dalam koperasi. Rasa rela berkorban ini imbasnya adlaha motto dari koperasi yaitu semua untuk satu, jadi dari keputusan yang diambil dalam mufakat jika kita harus memeinjamkan dana bersama untuk anggota yang sednag memebutuhkan, dana yang digunakan adalah kumpulan dari ana semua anggota. Disini dilatihlah sikapa rela berkorban, bertanggung jawab, mandiri mengerti persamaan dan demokrasi. hal juga bukan merupakan hal yang biasa karena tujuaannya ialah untuk terciptanya masyarakat yanga dil dan maksmur.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa koperasi memiliki fungsi di berbagai bidang diantaranaya adalah fungsi pada bidnaga ekonomi dan social. Hal ini karena pengertian koperasi sendri adlaah meningkatkan kesejahteraan di bidang ekonoi dan sosieal. Menurut beberpa alairan un sudha dapat diambil kesimpulan bahwa dari waktu ke waktu koperasi mengalami perkembnaganga, mulai dari koperasi yang didirikan secara individu tabnpa campur tangan pemerintah pada masa ekonomi kita masih kapitalis, yang kedua ketika system ekonomi soialis mulai berkembanga maka koperasi sisukung oleh pemerintah dan mendukung adanya koperasi, dna yang terkahir dengan sisitem ekonomi campuran maka koperasi sudah dapat berjalan  dnegan lancar karena pemerintah bertanggung jawab atas berdiriya koperasi dan mmpeeracayakana anggota koperasi untuk mengelolanya.

Pada dasarnya koperasi memiliki fungsi mendasar yakni memakmurkan dan mensejahterahkan para anggotanya dengan tujuan memperkokoh dan memperkuat perekonomian suatu negara, dengan asas kekulargaan dan gotong royong.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Koperasi