Sponsors Link

11 Manfaat Internet Untuk Ekonomi

Sponsors Link

Teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir. Ilmuwan telah menciptakan banyak hal sehingga memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi berbanding lurus dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Maka perkembangan teknologi menjadi sesuatu hal yang tidak bisa dihindari. Karena sebuah inovasi tercipta untuk memberikan kemudahan-kemudahan. Termasuk inovasi dalam teknologi informasi berupa internet. Keberadaannya membantu berbagai aktifitas kehidupan manusia, termasuk dalam kehidupan berekonomi. (Baca juga : Keuntungan dan Kerugian Bisnis Franchise)

Sejarah Singkat Internet

Internet pertama kali muncul pada tahun 1969. Saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk membuat penelitian tentang bagaimana cara untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan. Program riset ini dikenal dengan nama arpanet. Dalam perkembangannya selama kurang lebih 15 tahun, penelitian tentang jaringan komputer tersebut menciptakan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan, juga nama domain yang digunakan untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer. Sistem nama domain itu kini dikenal dengan Domain Name System (DNS). Dari situlah akhirnya pengguna komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak. Hingga kini, jaringan komputer telah dipakai jutaan manusia di seluruh dunia.

Manfaat Internet Dalam Bidang Ekonomi

Manfaat internet telah dirasakan di berbagai bidang. Namun yang sangat menonjol manfaatnya adalah internet dalam bidang ekonomi. Bahkan dewasa ini, internet telah menjadi sandaran utama bagi para pelaku ekonomi. Pengusaha, konsumen, karyawan, mahasiswa ekonomi, pemerintah daerah maupun pusat, semuanya bergantung pada internet guna kelancaran tujuan aktifitas mereka. Terkait bisnis, berbagai kegiatan penjualan melalui toko online sekarang telah menjamur. Toko offline (toko yang nampak fisiknya di dunia nyata) malah banyak yang sepi. Orang cenderung memilih media online untuk berbelanja apa pun. Karena itulah para pelaku bisnis mengambil jalan daring untuk perkembangan dan konsistensi usahanya. Dari fenomena tersebut, betapa internet telah memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan ekonomi, gaya hidup hingga budaya masyarakat. (Baca juga : Cara Bisnis Pulsa Super Murah)

Berikut paparan manfaat internet dalam bidang ekonomi :

  1. Menciptakan lapangan kerja baru terkait tekonologi informasi. Dengan adanya internet, banyak lapangan kerja baru tercipta khususnya pada teknologi informasi. Seperti penulis media online, pembuat atau perancang website, pengelola website, wirausahawan online, pengembang media sosial, dan masih banyak yang lain. Berbagai jenis profesi tersebut memang dibutuhkan dalam perkembangan dunia internet.
  2. Memudahkan komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis tidak lagi dilakukan dengan pertemuan tatap muka secara langsung. Dengan internet, para pengusaha bisa melakukan komunikasi melalui media chatting, panggilan telepon dengan video (video call), dan sejenisnya. Bahkan, internet telah menjadikan para pelaku bisnis bersifat terbuka ke berbagai pihak melalui mail list, iklan dalam sebuah blog, media sosial, dan sebagainya. Dari sini orang yang tidak memiliki kepentingan pun bisa melakukan komunikasi dengan para direktur, manajer, konsultan bisnis, investor, dan pelaku bisnis lain. Hal inilah yang menciptakan pasar dan juga relasi baru. (Baca juga : Manfaat Ekonomi Perikanan)
  3. Sponsors Link

    Menyediakan fasilitas transaksi bisnis. Dulu, transaksi bisnis hanya bisa dilakukan ketika penjual bertemu langsung dengan pembeli. Sekarang, internet menyediakan media-media online sehingga transaksi bisnis dapat terlaksana tanpa harus bertatap muka, seperti media chatting, forum, blog, website, mailist, dan sejenisnya.
  4. Mempercepat proses transaksi bisnis. Transaksi bisnis dan keuangan tidak lagi menjadi suatu hal yang mustahil dilakukan dari tempat yang berbeda. Mengirim uang antar orang yang berbeda daerah atau negara (transfer), membayar berbagai tagihan seperti kartu kredit, tagihan listrik dan telepon tanpa harus ke bank, dan masih banyak lainnya yang menjadikan transaksi keuangan lebih praktis, mudah dan cepat.
  5. Akses dan penyebaran informasi bisnis. Internet telah dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk menyebarkan beragam informasi bisnis seperti peluang bisnis atau wirausaha, lowongan pekerjaan, seminar-seminar bisnis, penawaran kerjasama bisnis, hukum bisnis dan perpajakan. Sehingga informasi-informasi tersebut menjadi mudah diakses dan ditemukan oleh banyak orang. (Baca juga : Keuntungan Bisnis Laundry)
  6. Memperkecil biaya bisnis dan operasional. Dalam perkembangannya, internet telah menyediakan berbagai media bisnis yang murah bahkan gratis. Blog, mailist, media chatting, website, dan sejenisnya. Sehingga hal tersebut memperkecil biaya bisnis dan operasional suatu usaha seperti keperluan marketing, riset pasar dan konsumen, pencarian sumber daya manusia atau lowongan pekerjaan.
  7. Memangkas jalur distribusi barang. Dalam penyebarannya, produsen atau pabrik akan menyalurkan produk melalui pedagang besar, kemudian ke agen-agen atau grosir, baru selanjutnya ke pedagang kecil dan berakhir pada pengguna produk (konsumen). Namun kini, konsumen bisa langsung menghubungi pedagang besar bahkan produsen untuk memperoleh suatu produk. Hal tersebut menjadi mungkin dengan adanya internet.
  8. Menjadi sarana iklan. Pelaku bisnis telah banyak yang menggunakan internet untuk memasarkan produk. Melalui iklan di blog, website, mailist, forum online, toko online, dan sebagainya. Dengan internet marketing, calon konsumen menjadi lebih luas dan lebih tepat sasaran. (Baca juga : Cara Bisnis Online shop Bagi Pemula)
  9. Menyajikan informasi bisnis dan keuangan. Segala macam informasi ada berkat jaringan internet. Analisa produk dan pasar, internet pemasaran, harga emas, pergerakan nilai tukar rupiah terhadap berbagai mata uang asing, harga saham, dan sebagainya. Para pelaku bisnis bisa mengambil keputusan dengan mudah dan cepat berkat informasi online tersebut yang senantiasa up to date atau diperbarui.
  10. Menciptakan peluang usaha internasional. Dengan adanya internet, tidak menutup kemungkinan terjadi hubungan usaha lintas negara. Satu pelaku bisnis bisa mengadakan transaksi dengan pebisnis lain dari luar negeri. Menjual barang antar negara seperti ekspor impor, jasa translator atau menulis, jasa konsultasi, dan sebagainya.
  11. Membantu pekerjaan pemerintah. Ekonomi dalam poin-poin di atas tidak terbatas pada pelaku bisnis seperti direktur, manajer dan sejenisnya. Namun bidang ekonomi tersebut juga mencakup kehidupan ekonomi pemerintah. Internet memberikan kemudahan-kemudahan atas pekerjaan pegawai pemerintahan dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi masyarakat.

(Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Liberal)

Sponsors Link

Peran penting internet telah memiliki cakupan yang sangat luas. Bahkan bisa dikatakan dewasa ini internet menjadi sesuatu yang wajib bagi manusia di berbagai kalangan usia dan tingkat sosial. Seperti handphone misalnya. Dulu, fungsi telepon seluler adalah untuk berkomunikasi melalui telepon dan pesan singkat atau SMS. Namun fungsi tersebut berkembang menjadi alat untuk membuat peradaban, mencipta dan tenggelam dalam komunitas tertentu. Dapat dianalogikan, internet adalah gerbang atau pintu untuk mencapai berbagai macam hal dari segala penjuru tempat yang terpisah tempat dan terbatas waktu.

Bagaimanapun, penggunaan internet harus dibatasi untuk hal yang bermanfaat saja. Karena seperti sebuah koin, segala hal memiliki 2 (dua) sisi yang berbeda. Hitam dan putih, positif dan negatif. Termasuk internet. Selain memiliki banyak nilai manfaat, internet juga terdapat keburukan bagi kehidupan manusia jika tidak digunakan untuk sebagaimana mestinya. (Baca juga : Penyebab Kegagalan Usaha)

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ekonomi Makro