Sponsors Link

5 Peran Pasar dalam Perekonomian Masyarakat

Sponsors Link

Pasar sudah menjadi bagian yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Kita mendapatkan barang-barang kebutuhan baik pangan maupun pakaian dari pasar. Sebagian dari kita juga menggantungkan perkerjaan sehari-hari dari pasar. Maka dari itu keberadaan pasar sangatlah vital bagi masyarakat serta bagi perekonomian. Dalam kegiatan sehari-hari pasar bisa diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual. Namun dalam bidang ekonomi, pasar tidak diartikan sebagai tempat, namun lebih mengutamakan pada kegiatan jual beli tersebut. Pasar pada dasarnya mempunyai peran yang lebih dari pada sekedar untuk kegiatan pembelian dan penjualan. Peran pasar dalam perekonomian sebenarnya sangat penting untuk semua aspek karena banyak pihak menggantungkan kelangsungan hidup mereka dengan kegiatan di pasar. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pasar dalam perekonomian.

ads

Pengertian pasar

Pasar secara umum adalah bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan kegiatan ekonomi yaitu jual beli barang barang, jasa, ataupun sumber daya yang lain. Pasar pada dasarnya tidak bisa diartikan sebagai sebuah tempat atau lokasi tertentu untuk melakukan kegiatan jual beli. Hal ini  dikarenakan pasar tidak memiliki batas geografis yang jelas. Kemudahan dan kecanggihan sistem komukasi masa kini bahkan mampu mengaburkan batasan geografis; sehingga juga memungkinkan penjual dan pembeli tanpa harus bertatap muka/bertemu terlebiih dahulu.

Pasar secara umum bisa diartikan sebagai suatu kegiatan atau transaksi jual beli. Pasar dalam ilmu ekonomi didefinisikan sebagai besarnya penawaran dan permintaan akan suatu barang dan jasa. Dalam artian ini, pasar tidak hanya merujuk pada penawaran dan permintaan akan barang kebutuhan sehari-hari melainkan juga meliputi pasar modal, tenaga kerja, uang, dan surat berharga.

Kegiatan perekonomian yang terjadi di pasar pada umumnya berdasarkan persaingan bebas antara pembeli maupun penjual. Penjual atau produsen memiliki kebebasan untuk memproduksi, menjual ataupun mendistribusikan barang maupun jasa. Demikian halnya dengan pembeli yang juga memiliki kebebasan untuk membeli atau memilih suatu barang dan jasa sesuai dengan kemampuan daya belinya.

Sponsors Link

Fungsi pasar

Sebagai perantara untuk menyampaikan barang dan jasa kepada konsume, pasar merupakan salah satu wadah vital untuk menampung kegiatan ekonomi masyarakat. Kegiatan jual beli di pasar akan berjalan dengan baik bila supplai barang dan jasa juga berjalan dengan lancar. Keterlambatan akan suatu barang atau jasa akan mengakibatkan kelangkaan akan suatu barang.

  • menetapkan nilai- harga suatu barang dan jasa yang ada di pasar merupakan hasil dari kesepakatan antara penjual dan pembeli. Sehingga adanya pasar juga menetapkan harga barang dan jasa yang sesuai dengan penawaran dan permintaan.
  • distribusi hasil produksi – Pasar juga berperan sebagai distributor untuk semua sumber daya. Untuk setiap barang atau jasa, pasar akan menyalurkan pembayaran kepada setaip pelaku pasar. Barang atau jasa dengan produktifitas tinggi juga akan menerima pembayaran yang paling banyak. (Baca juga: faktor penyebab Kelangkaan)
  • menorganisir produksi – fungsi pasar yang ketiga adalah pasar sebagai organistator untuk mendapatkan metode produksi yang lebih efisien. Pengusaha selaku pelaku ekonomi akan selalu mencari metode produksi yang tepat sehingga menghasilkan produk yang maksimal. Kemudian pasar sebagai distributor menjadi wadah untuk para pengusaha/produsen untuk mendistribusikan hasil produksi kepada pembeli.
  • mengadakan penjatahan – pasar juga melakukan penjatahan akan setiap barang dan jasa yang tersedia. Pembeli akan mendapatkan jatah barang dan jasa sesuai dengan kemampuan daya belinya. Sehingga, pembeli dengan penghasilan lebih atau daya beli kuat akan mendapatkan jatah barang dan jasa yang juga lebih banyak.
  • penyediaan barang/jasa untuk masa mendatang – Pasar juga berfungsi sebagai penyedia barang dan jasa untuk masa mendatang atau fungsi tabungan dan investasi. Tabungan dan investasi berguna untuk pengadaan barang dan jasa dimasa mendatang. Pasar yang memiliki fungsi investasi dan tabungan adalah pasar modal. Penabung akan mencari pihak yang membutuhkan modal atau investor sedangkan investor akan mencari pihak yang memiliki tabungan atau penabung untuk urusan investasi mereka. Dengan demikian, kedua pihak yang saling membutuhkan akan bertemu di pasar modal. (Baca juga: 5 Hubungan Pasar Uang dan Pasar Modal dalam Perekonomian)

Peran pasar dalam perekonomian

1. Bagi produsen

Bagi produsen peran pasar sangat vital karena sebagi tempat untuk mempromosikan hasil produksi atau jasa mereka. Selain itu pasar juga menjadi tempat untuk memperlancar penjualan hasil produksi. Dengan adanya pasar, pembeli akan dapat dengan mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan dari produsen tanpa harus mendatangi tempat produksi. Selain itu, pasar juga memudahkan produsen untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan dalam proses produksi.

2. Bagi konsumen

Bagi konsumen, pasar juga memiliki peran yang sama penting yaitu sebagai tempat untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Konsumen tidak perlu mendatangi tempat produksi atau pabrik untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan karena adanya pasar. Sehingga semakin luas pasar, maka semaking mudah bagi konsumen untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan.

Sponsors Link

3. Bagi Pembangunan

Peran pasar bagi pembangunan adalah membantu menunjang pembagunan yang sedang berlangsung. Dalam perannya ini, pasar membantu pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan dalam pembangunan. Pasar juga bisa digunakan sebagai sarana untuk membantu pembangunan karena pajak dan retribusi yang ditarik pemerintah juga digunakan untuk mendanai pembangunan negara.

4. Bagi sumber daya manusia

Kegiatan jual beli di pasar membutuhkan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang tidak sedikit. Banyak orang yang menjadikan pasar sebagai tempat mereka mencari uang. Sehingga, semakin luas pasar; kebutuhan akan tenaga kerja juga akan semakin bertambah. Dengan semakin banyak permintaan akan tenaga kerja, pasar juga berperan dalam mengurangi jumlah pengangguran, membuka lapangan kerja baru, serta memanfaatkan sumber daya manusia yang ada.

5. Bagi pemerintah

Selain sebagai penunjang pembangunan negara, pasar juga berperan sebagai penambah pendapatan negara melalui pajak dan retribusi. Selain itu, bila barang dan jasa yang tersedia di pasar juga dikirim ke negara lain; negara akan mendapatkan tambahan pendapatan melalui devisa. (Baca juga: Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi)

Dengan demikian, peran pasar dalam perekonomian sangatlah penting karena banyak aspek yang bergantung pada keberadaan pasar.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Publik