Sponsors Link

10 Kiat Sukses Usaha Alat Listrik Bagi Pemula

Usaha alat listrik merupakan salah satu usaha yang dapat menghasilkan omset hingga jutaan rupiah. Bersamaan dengan pembangunan perumahan dan perkantoran yang semakin menjamur tentunya kebutuhan akan ketersediaan listrik juga sangat besar. Sehingga tentunya peluang untuk dapat membuka usaha alat listrikini sangatlah besar. Sebagai gambaran, lampu penerangan merupakan salah satu jenis alat listrik yang dibutuhkan setiap rumah. Bayangkan saja jika setiap rumah minimal membutuhkan 3 buah lampu, kalikan saja dengan jumlah rumah yang ada di sekitar anda. Kemudian kalikan saja dengan harga per bohlam lampu. Tentunya besar bukan nominalnya. Itu hanya berasal dari satu jenis alat listrik saja,

ads

Baca juga :

Jadi, apakah anda berminat untuk memulai usaha alat listrik ini?. Simak 10 Kiat Sukses Usaha Alat Listrik dibawah ini, yang akan membuat kamu sukses dalam usaha alat listrik.

1. Tentukan lokasi yang strategis.

Salah satu penentu faktor keberhasilan dan kesuksesan usaha tidak lain adalah dipengaruhi oleh lokasi toko atau tempat berjualan yang strategis. Pilih tempat tempat strategis semisal dekat dengan area perumahan, perkantoran atau lingkungan dengn padat penduduk. Semakin banyak jumlah oramg disekitar toko tentunya akan membuka lebih banyak peluang alat listrik kita akan terjual.

2. Usahakan lengkapi toko dengan semua kebutuhan alat listrik.

Alat listrik tidak hanya terdiri dari lampu penerangan saja, ada steker, kabel, stok kontak, terminal dan lain lain. Jika ingin toko kita menjadi pilihan utama para pembeli, lengkapi isi toko selengkap mungkin. Semakin lengkap isi toko otomatis pembeli tidak perlu lagi memcari ke toko lain. Sehingga tentunya mereka akan membeli di toko kita.

Baca juga:

3. Tawarkan harga yang kompetitif.

Dalam berwirausaha pesaing bisnis akan selalu ada. Bukan usaha jika tidak ada pesaing bisnisnya. Oleh karena itu, jika akan membuka toko listrik baru, sempatkan untuk memcari informasi berapakan harga yang biasa dipatok toko listrik yang lain yang telah ada di sekitar lokasi tempat anda. Dengan begitu anda dapat memutuskan untuk bisa menentukan harga yang kompetitif.

4. Berikan variasi dan pilihan yang lengkap pada konsumen.

Toko listrik yang dapat memberikan pilihan dan variasi sebuah produk dengan lengkap tentu akan menjadi pilihan. Karena, sebagian pembeli yang awam akan mencari seberapa banyak jenis dam kelebihan dari barang yang akan dia beli. Sangat penting bagi anda untuk bisa merekomendasikan dan memberi pilihan yang tepat bagi calon konsumen. Agar nantinya konsumen tidak salah dalam memilih barang yang mereka inginkan.

Sponsors Link

5. Ibaratkam pembeli adalah raja, layani pembeli dengan sebaik baiknya.

Bagi pembeli selain harga, dan lengkap atau tidaknya sebuah toko listrik, ternyata pelayanan juga merupakan nilai plus agar toko anda semakin dikenal orang. Bersikap ramah dan, pemberi informasi dan solusi merupakan hal yang harus ditonjolkan dan menjadi identitas toko anda. Dengan begitu pembeli akan merasa nyaman dan pasti kemudiam akan merekomendasikan toko anda pada orang orang terdekat mereka.

Baca juga :

6. Promosi yang baik

Lakukan promosi baik dari mulut kemulut atau bisa dilakukan dengan menempel selebaran di area sekitar toko anda. Pasanh spanduk yang berukuran agak besar dengan dasain dan promo yang menarik. Semakin gencar promosi yang dilakukan maka toko listrik anda akan semakin dikenal.

ads

7. Jalin kerjasama dengan  suplier dengan kualitas barang bagus dan harga terbaik.

Pemilihan suplier yang tepat merupakan awal dari mencapai suksesnya usaha kita. Suplier dengan kualitas barang yang baik dan harga yang kompetitif pastinya bisa menjadi pilihan. Bangun kerjasasama dan silaturahmi yang baik, agar nantinya kita dapat memperoleh harga yang terbaik dari para suplier.

8. Jangan menyetok barang dengan jenis sama dalam jumlah yang banyak.

Pada saat awal awal membuka usaha toko listrik, stok barang tentunya menjadi hal penting yang harus dipikirkan. Jika modal yang dimiliki cukup besar tentunya tidak masalah jika membeli barang dalam jumlah yang besar. Namun bagaimana jika modal yang dimiliki terbatas?. Tidak perlu panik, untuk dapat membuka usaha toko listrik, stok barang tidak perlu banyak banyak. Satu jenis barang cukup stok 3-5 buah saja. Lalu bagaimana jika ada yang pesan dalam jumlah besar. Mudah saja, anda tinggal pesan melalui suplier dan barang nantinya bisa anda antar langsung ke konsumen.

Baca juga :

9. Berikan garansi produk dan garansi uang kembali jika produk yang diterima dalam kondisi rusak.

Barang bergaransi lebih banyak diminati ketimbang barang yang tidak bergaransi. Karena jika sewaktu waktu barang tersebut rusak, kita tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya perbaikan selama masih dalam masa garansi. Oleh karena itu, jual lebih banyak jenis produk yang bergaransi agar dapat menarik pembeli pada usaha toko listrik yang anda buka.

10. Jalin kerjasama dengan pihak developer perumaha dan perkantoran.

Kebutuhan alat listrik terbanyak bisa jadi pada proyek proyek perumahan dan perkantoran. Oleh karena itu, cobalah jalin kerjasama dengan para developer perumahan dan perkantoran. Anda bisa menjadi penyedia jasa dalam pengadaan alat alat listrik pada proyek perumahan dan perkantoran. Anda dapat mengajukan proposal kepada pihak developer. Tentunya hal ini akan sangat baik untuk usaha toko listrik yang baru anda rintis. Jika proposal anda goal keuntungan yang akan anda dapatkan tidak sedikit bukan?

Baca juga :

Itulah tadi 10 Kiat Sukses Usaha Alat Listrik bagi pemula. Tentunya usaha dan doa juga yang akan menjadi pelengkap dan mengantarkan usaha alat listrik anda menuju kesuksesan. Kerja keras dan usaha yang sungguh sungguh serta keuletan dan ketekunan akan menjadi modal saat usaha toko alat listrik anda sedang mengalami kesulitan. Semoga artikel ini dapat membantu.

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis