Sponsors Link

9 Cara Memulai Jasa Setrika Paling Menguntungkan

Siapa sangka kegiatan menyetrika baju sudah dilirik sebagai sebuah bisnis belakangan ini. Tidak tanggung-tanggung, hasil yang didapatkan juga lumayan besar jika dibandingkan bisnis jasa yang lain. Namun walaupun menyetrika merupakan salah satu kegiatan yang hampir bisa dilakukan oleh semua orang, tidak banyak dari mereka yang tahu cara memulai jasa setrika ini.

ads

Dapat dikatakan, memulai jasa setrika ini sangatlah mudah. Seperti misalnya dalam segi peralatan yang digunakan cukup sering ditemui bahkan hampir disetiap rumah tangga memilikinya sebagai salah satu perlengkapan rumah tangga. Seperti misalnya setrika dan pengharum pakaian.

Baca juga:

Jasa setrika adalah salah satu jenis bisnis yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin tetap bekerja dan menghasilkan uang meskipun berada di rumah. Hal ini karena ibu-ibu adalah orang yang terbiasa menyetrika pakaian keluarga. Dan jika anda merasa tertarik dan ingin mencoba untuk memulai jasa setrika ini, berikut cara memulai jasa setrika yang bisa anda ikuti:

  1. Tahu Cara Menyetrika

Selain peralatan, tahu cara menyetrika adalah modal dasar yang harus anda miliki jika ingin memulai jasa setrika ini. Terlebih jika anda sedang mendapatkan banyak order dimana kemampuan untuk menyetrika secara cepat juga sangat dibutuhkan. Lalu apakah jika anda belum pandai menyetrika tidak bisa memulai bisnis ini? Sebenarnya bisa-bisa saja dengan cara belajar menyetrika lebih sering sehingga kemampuan menyetrika anda lebih baik dari waktu ke waktu. Dan jika anda sudah pandai menyetrika tapi ingin lebih mahir lagi, berikut tips-tips menyetrika yang bisa anda coba:

  • Kenali jenis-jenis label yang ada pada setiap bahan pakaian. Hal ini penting karena terdapat beberapa bahan pakaian yang tidak boleh disetrika karena sangat sensitif pada panas. Dan keterangan tersebut tertulis melalui symbol-simbol yang biasa ada pada setiap baju. Jika anda tidak mengenal tanda-tanda pada label ini, bisa-bisa anda menyetrika bahan pakaian yang salah dan justeru merusak pakaian pelanggan anda.
  • Demi hasil yang maksimal, gunakan setrika uap karena setrika uap dapat melicinkan pakaian lebih cepat serta dapat mengurangi resiko pakaian rusak. Selain itu, setrika uap biasanya lebih hemat listrik dibandingkan dengan setrika yang lainnya.
  • Pakaian yang anda terima untuk di setrika harus dipilah-pilah terlebih dahulu sebelum mulai menyetrika. Pilah pakaian berdasarkan jenis bahan dan juga tingkat kerumitan. Apabila anda menggunakan setrika uap, anda hanya perlu mengatur tingkat panas setrika sebelum menyetrika. Namun jika anda menggunakan setrika listrik tanpa adanya tombol pengatur kendali suhu, usahakan mulai menyetrika pakaian-pakaian yang harus disetrika dengan panas rendah diawal. Pakaian yang membutuhkan tingkat panas yang tinggi, anda bisa kerjakan setelah itu.
    Sponsors Link

  • Jika anda ingin menyetrika pakaian yang terdapat bagian sablon, setrika pakaian tersebut dari bagian dalam. Menyetrika bahan sablon dari luar dimana sablon bersentuhan langsung dengan setrika akan menjadikan sablon rusak karena panas yang berlebihan.
  • Jika anda ingin menggunakan pengharum pakaian, semprotkan pengharum tersebut dibagian akhir proses menyetrika atau sebelum pakaian dilipat sehingga pakaian tetap dalam keadaan harum dan segar.
  • Selain waktu penyemprotan, pastikan juga anda tidak menggunakan pengharum yang berbahan dasar air. Karena air akan menjadikan pakaian berbau tidak sedap atau apek dan resiko alat setrika rusak juga besar.
  • Pastikan pakaian yang akan anda setrika sudah kering sepenuhnya. Pakaian yang basah atau belum kering sepenuhnya beresiko merusak setrika dan bahan pakaian. Selain itu, sama seperti menggunakan pengharum berbahan dasar air, pakaian yang belum kering tapi sudah disetrika juga akan mengeluarkan bau yang tidak sedap atau apek.
  1. Mengenal Bahan-Bahan Dasar Pakaian

Seperti sudah disinggung pada poin pertama, mengenal bahan-bahan pakaian adalah sangat penting dilakukan. Tidak harus semua, anda hanya harus mengetahui beberapa bahan yang paling sering dijumpai. Seperti misalnya bahan jeans, katun, ataupun polyester. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihannya sendiri sehingga dalam perawatannya pun tidak bisa disamakan. Dengan mengerti cara merawat dan sifat dasar bahan pakaian tersebut hasil setrikaan anda pasti akan luas biasa.

ads

Baca juga:

  1. Mengenal Bahan-Bahan Wewangian

Cara memulai jasa setrika selanjutnya adalah mengenal bahan-bahan wewangian. Sama seperti pakaian, wewangian inipun memiliki bahan dasar yang berbeda-beda. Ada yang berbahan dasar air ada juga yang berbahan dasar lainnya. Dengan mengetahui bahan-bahan wewangian, diharapkan anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk menyemprotkan wewangian tersebut di pakaian yang sedang disetrika seperti apakah disemprotkan sebelum disetrika atau disemprotkan sesudah disetrika.

  1. Promosi Melalui Brosur

Promosi adalah hal penting yang harus anda lakukan pada setiap usaha yang anda jalani. Jika promosi anda berhasil, usaha anda akan dikenal banyak orang dan sudah pasti akan banyak order setrikaan juga akan datang. Jadi buatlah promosi yang mampu menarik perhatian banyak orang agar usaha setrika anda berjalan baik.

Salah satu cara promosi yang baik adalah dengan menggunakan media brosur. Anda bisa membagikan brosur-brosur tersebut ke daerah padat penduduk ataupun didaerah yang dilalui banyak orang. Mengiklankan jasa setrika anda dengan brosur adalah salah satu cara yang tepat karena anda bisa bertatap muka secara langsung dengan banyak orang dan bisa menceritakan sekilas tentang usaha anda secara langsung jika ada diantara mereka yang bertanya.

Baca juga:

  1. Lokasi

Lokasi adalah hal yang harus dipikirkan kemudian. Karena sudah seperti syarat berusaha, lokasi sangat menentukan keberhasilan usaha setrika anda. Jadi usahakan anda memulai jasa setrika ini dengan lokasi yang tepat. Salah satu lokasi yang tepat adalah daerah yang padat penduduk.

Menyetrika sudah menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang rapih setiap saat.  Artinya menyetrika memiliki pasarnya sendiri karena tingkat kebutuhannya sangat besar. Dalam artian, jika ada orang yang tidak memiliki cukup waktu untuk menyetrika pakaiannya, mereka pasti akan membutuhkan bantuan anda dan agar mudah ditemui, bangunlah usaha jasa setrika anda ditempat yang benar-benar strategis.

  1. Garansi

Garansi adalah salah satu hal yang paling dicari oleh para pengguna jasa. Jadi ketika pelayanan yang anda berikan tidak sesuai dengan harapan pelanggan, pelanggan bisa menuntut garansi atas kerugian yang dideritanya. Anggap saja seperti misalnya ketika anda menyetrika pakaian namun terjadi kelalaian sehingga pakaian tersebut rusak. Dengan garansi, pelanggan anda akan menilai jasa setrika anda sebagai jasa setrika yang professional, bertanggung jawab, dan anda akan mendapatkan kepercayaan mereka sehingga pelanggan anda tidak beralih ke jasa setrika yang lain.

  1. Pelayanan

Selain tempat, pelayanan adalah yang menjadikan banyak orang ‘betah’ untuk berlama-lama serta kembali datang lagi ketempat yang sama untuk melakukan hal yang sama seperti sebelum-sebelumnya. Jadi, untuk mendapatkan pelanggan yang royal langkah yang harus anda lakukan adalah royal terhadap mereka. Berikan mereka pelayanan terbaik yang bisa anda lakukan. Bahkan jika perlu, anda siap menerima keluhan serta saran dan kritik pelanggan selama 24 jam. Salah satu jenis pelayanan yang bisa anda berikan adalah menjemput serta mengambil order setrikaan yang anda dapat lansung dari/ke rumah pelanggan.

Sponsors Link

  1. Harga

Cara memulai jasa setrika selanjutnya adalah mematok harga. Pastikan anda tidak mematok harga terlalu tinggi sehinga memberatkan pelanggan anda. Terlebih pada saat anda baru buka jasa setrika ini. Jika anda ingin mematok harga yang cukup tinggi, anda harus memberikan kualitas dan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan anda sehingga mereka pun tidak akan merasa keberatan jika anda mematok harga yang cukup tinggi. Salah satu alasan mereka tidak keberatan dengan harga yang anda tawarkan adalah karena mereka percaya pada anda. Jadi hal yang harus anda dapatkan diawal membangun jasa setrika ini adalah kepercayaan dari pelanggan.

  1. Kebersihan Dan Kerapihan Paling Utama

Seperti disinggung diawal, hasil kerja jasa setrika anda adalah gambaran dari cara kerja anda. Jadi pastikan hasil kerja anda bersih dan rapih. Baik rapih dalam pengerjaan ataupun pengepakan.

Baca juga:

Itulah cara memulai jasa setrika jika anda ingin memulai bisnis jasa setrika ini. Semua cara yang bisa dilakukan diatas adalah cara yang mudah untuk dilakukan karena pada dasarnya semua orang bisa melakukannya. Tidak hanya itu, kebutuhan akan pakaian yang rapih dan bersih selalu meningkat setiap harinya dan menjadikan pasar jasa setrika ini selalu ada dan bahkan terus bertambah. Semoga artikel ini membantu dan selamat mencoba.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis