Sponsors Link

12 Cara Memulai Usaha Tas Wanita dan Pria

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang. Hal pertama adalah menjadi seorang pekerja atau karyawan. Di zaman yang sudah modern ini, banyak sekali peluang usaha yang bisa kita mulai. Untuk memulai sebuah usaha, tidak selamanya harus memerlukan modal besar. Peluang usaha tetap bisa dimulai dengan modal kecil. Beberapa peluang usaha yang masih diminati adalah : kuliner, properti, hasil alam dan aksesoris. Beberapa aksesoris yang sering dicari adalah perhiasan dan tas.

ads

Kebutuhan akan tas akan selalu ada bahkan meningkat seiring dengan banyaknya modifikasi bentuk dari tas yang bisa kita temui sekarang. Tak hanya tas yang diperlukan untuk keperluan sekolah dan berbagai keperluan formal lainnya. Tas yang santai yang bisa dibwa untuk jalan – jalan juga mengalami peningkatan permintaan pasar. Sebagai calon pebisnis harusnya ini dapat memikat minat untuk memulai sebuah peluang usaha ini.

Tentang Bisnis Tas

Tas adalah kebutuhan umum yang diperlukan berbagai kalangan. Terutama bagi wanita, tas adalah kebutuhan yang bisa dibawa kemana untuk wadah berbagai macam barang. Bahkan, bagi kalangan yang elit mereka tidak akan membeli sembarangan tas melainkan tas yang memiliki kualitas terbaik. Seperti kebanyakan peluang usaha lainnya, memulai usaha tas adalah pilihan yang memiliki resiko untung – rugi.

baca juga :

Sebagai pebisnis tas, kita harus mengerti permintaan pasar. Ini dikarenakan menjamurnya berbagai pilihan dan jenis tas yang beredar dipasaran. Secara umum ada 2 tipe tas yang biasanya kita temui : tas berkelas atau tas branded dan tas biasa yang harganya jauh dibawah tas branded. Kedua jenis tas ini sebenarnya sama – sama dibutuhkan. Dimana tas branded selalu dicari oleh kalangan menengah dan para kaum elit. Tas biasa akan laris bagi kalangan menengah ke bawah.

Peluang usaha yang dimunculkan oleh tas biasa ini juga tak kalah besar dibandingkan tas branded. Bayangkan saja anda dapat menjalankan sebuah usaha tanpa harus mengeluarkan modal besar. Banyaknya model dan bahkan beberapa replika dari tas branded yang bisa dibeli oleh para konsumen akan meningkatkan profit perharinya. Tertarik untuk memulai usaha tas ini? Silahkan simak 12 cara memulai usaha tas agar sukses berikut ini :

1. Tentukan Konsep

Menentukan konsep sebelum memulai sebuah usaha adalah suatu kewajiban. Tentukan berbagai sisi yang akan kita pakai dalam usaha tersebut. Seperti metode yang akan dilakukan dalam memulai sebuah usaha. Walaupun metode online adalah metode yang populer untuk saat ini. Menjalankan usaha tas secara offline juga sebuah pilihan yang bagus. Kedua metode tersebut sebenarnya memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri. Tanpa sebuah toko, anda tetap bisa menjalankan sebuah usaha dengan menggunakan metode online. 

Sponsors Link

Dapat memperluas daya pemasaran juga dapat dilakukan dengan metode online. Konsumen dari berbagai tempat dapat mengakses produk tas yang anda tawarkan. Kemudahan dan kenyamanan transaksi adalah keuntungan lain yang ditawarkan kepada konsumen melalui metode online. Tapi harus tetap meningkatkan kualitas dengan berusaha mempertahankan kualitas layanan. Sedangkan jika menggunakan metode offline, tidak harus melayani pelanggan seharian penuh. Jadwal pelayanan lebih terorganisir. Konsumen juga bisa langsung melihat produk yang anda tawarkan dan menghilangkan biaya pengiriman. Oleh karena itu, menggunakan metode offline masih banyak diminati oleh para pengusaha tas.

baca juga :

2. Lakukan riset pasar

Hal lain yang sebenarnya perlu dilakukan sebelum memulai sebuah usaha adalah menganalisa kebutuhan pasar. Tentunya memahami dan melakukan riset akan sangat berguna.  Memilih banyak ruang lingkup dalam sebuah usaha memang bisa dilakukan. Sebaliknya, fokus pada sebuah ruang lingkup pemasaran juga bukan hal yang mustahil. Fokus pada sebuah ruang lingkup misalnya hanya pada tas fashion atau tas sekolah. Maka harus tetap memantau kebutuhan pasar agar produk anda tetap update dan akan mendapatkan profit.

3. Tentukan suplai usaha tas

Suplai tas branded dengan tas biasa akan berbeda metodenya. Memilih usaha tas branded akan lebih mudah menentukan penyedia produk. Karena supplier tas branded telah terorganisir dan akan lebih spesifik. Sedangkan untuk kualiat tas biasa tentunya akan banyak supplier yang bisa dipilih. Berbelanja sendiri atau menetapkan beberpa supplier adalah hal yang serimg dilakukan pebisnis tas.

ads

baca juga :

4. Perhitungan yang tepat

Sangat banyak cara supaya usaha ini akan berkembang secara pesat. Mengusahakan keuntungan yang relatif banyak dari modal produksi atau pengeluaran. Meninjau secara lansung pada pihak penyuplai dan mengetahui secara lansung hasil dari produksi. Bukan hal yang tidak mungkin untuk membuat jarak yang banyak antara modal produksi dengan keuntungan akhir.

5. Kemitraan

Kemitraan akan sangat membantu para pemula dalam melakukan bisnis usaha tas. Baik bagi para pebisnis yang telah lama terjun di usaha bisnis membangun kemitraan adalah hal yang harus dilakukan. Pilihlah mitra yang baik dan bisa bekerjasama dalam mengembangkan usaha anda.

baca juga :

6. Kenali Pergerakan trend

Segala sesuatu yang berhubungan dengan fashion dan aksesoris akan terus berkembang secara dinamis. Bukan hal yang mustahil ketika trend yang telah berlalu akan muncul lagi. Memantau secara berkala trend yang berkembang akan memberikan keuntungan dalam bisnis tas. Mengetahui yang banyak diminati dan memenuhinya adalah peluang besar dalam perkembangan usaha.

7. Keaneka ragaman model

Semakin banyak menyediakan model semakin besar pula peluang untuk mengembangkan usaha. Jangan hanya terfokus dengan beberapa model dan menyimpannya dengan stok yang banyak. Buatlah keaneka ragaman model sehingga konsumen bisa memilih ragam yang mereka inginkan.

baca juga :

8. Optimalkan promosi

Promosi secara lansung maupun secara online sangat berperan dalam berkembangnya usaha. Sebuah usaha yang dipromosikan secara baik akan mendapatkan pelanggan lebih banyak tentunya.

9. Kerjasama dengan endorser

Melakukan kerjasama dengan para endorser? Tentu saja anda bisa mencobanya. Para endorser yang telah biasa mengiklankan banyak produk akan lebih menarik berbagai kalangan tentunya. Walaupun anda harus membayar lebih, tapi ini bukan hal yang sia – sia bukan?

Sponsors Link

10. Optimalkan Pemasaran

Daripada hanya sekedar memasrkannya sendiri di website pribadi ataupun toko. Menitipkan di mitra yang anda percayai juga salah satu strategi jitu untuk mengembangkan usaha anda.

11. Gunakan Peluang diskon

Sebuah diskon akhir tahun atau diskon di hari raya dan berbagai hari besar lainnya? Tidak ada salahnya sesekali memanjakan konsumen anda. Manfaatkan fitur ini dan tariklah lebih banyak pelanggan.

12. Penentuan lokasi toko

Bagi pengusaha yang memiliki toko resmi, penempatan lokasi toko juga mempengaruhi perkembangan bisnis anda. Lokasi strategis, ramai dan mudah dijangkau akan menarik para pembeli.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis