Sponsors Link

4 Contoh Pengangguran Teknologi

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh negara seperti Indonesia dan negara berkembang lainnya adalah masalah pengangguran. Dan salah satu penyebab dari pegangguran tersebut adalah teknologi yang kemudian dikenal dengan nama pengangguran teknologi. Lalu seperti apa contoh pengangguran teknologi tersebut?

Pengangguran teknologi termasuk salah satu sebab terjadinya pengangguran paling sering di dunia karena termasuk resiko dari perkembangan zaman. Tidak hanya itu, pengangguran teknologi termasuk salah satu pengangguran yang jumlahnya lebih besar jika dibandingkan dengan jumlah dari jenis pengangguran yang lain. Berbagai jenis tenaga kerja memiliki kemungkinan yang sama akibat pengangguran teknologi ini.

Contoh pengangguran teknologi berbeda dengan contoh pengangguran sukarela dimana cara mengatasinya juga berbeda dari cara mengatasi pengangguran musiman. Namun, walaupun berbeda seperti itu, penganguran teknologi tetap menjadi penyumbang yang cukup besar terhadap permasalahan ekonomi makro yang ada di dunia. Dan untuk lebih memahami apa itu pengangguran teknologi, berikut beberapa contoh pengangguran teknologi yang bisa dijadikan acuan untuk lebih memahami apa itu pengangguran teknologi.

  1. Petani Menganggur Akibat Traktor

Contoh pengangguran teknologi pertama adalah kehadiran mesin traktor yang menggantikan tenaga manusia dalam menggarap lahan persawahan. Pada awalnya, untuk mengelola sebuah lahan pertanian membutuhkan tenaga manusia yang cukup banyak jumlahnya. Tidak hanya itu, bayak pula orang yang menggantungkan kehidupan ekonominya pada lahan pertanian sebagai buruh tani. Tapi semenjak adanya traktor, tenaga-tenaga tersebut mulai dikurangi karena peran mereka dapat digantikan oleh mesin traktor.

Salah satu alasan banyak petani yang menggunakan mesin traktor dibandingkan tenaga manusia adalah karena efisiensi waktu dan biaya. Seperti misalnya waktu pengerjaan yang menjadi lebih singkat serta biaya pengerjaan yang lebih murah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan traktor, waktu menanam di lahan pertanian bisa lebih cepat dikerjakan sehingga target dari jumlah panen yang ditargetkan bisa terkejar.

Pengangguran teknologi termasuk salah satu dari 6 contoh pengangguran normal beserta fakta masalah pengangguran yang dapat dengan mudah kita rasakan karena kehadirannya yang sangat dekat.

  1. Pengojek Pangkalan Kehilangan Penghasilan Akibat Ojek Online

Contoh pengangguran teknologi selanjutnya bisa kita lihat dari konflik yang terjadi antara ojek pangkalan dengan ojek online. Hadirnya ojek online ternyata selain ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan sarana transportasi ternyata juga menimbulkan permasalahan sosial. Hal ini terjadi karena kehadiran ojek online dinilai menjadi penyebab ekonomi melemah bagi ojek pangkalan.

Walaupun ojek pangkalan bisa menjadi ojek online, namun pemahaman tentang IT atau tata cara penggunaan smartphone seakan menjadi penghalang tersendiri bagi para ojek pangkalan. Permasalahan inilah yang menjadikan ojek pangakalan yang berada di kota-kota besar seperti menjadi pengangguran karena kalah saing oleh ojek online dalam mendapatkan penumpang.

Sebenarnya permasalahan pengangguran teknologi ini bisa diatasi dengan menekankan kembali fungsi ekonomi pembangunan. Karena tentu saja, ekonomi pembangunan tidak selalu tentang gedung-gedung atau segala sesuatu yang berkaitan dengan bangunan, tapi juga tentang pembangunan mental atau lainnya yang dapat menjadikan kehidupan seseorang menjadi lebih baik dibanding sebelumnya.


  1. PHK Karyawan Pabrik Akibat Mesin

Contoh pada poin ini tidak jauh berbeda dari contoh yang ada pada poin nomor satu dimana karena adanya mesin yang mengerjakan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia, banyak karyawan pabrik di berhentikan atau PHK oleh pabrik. Sama seperti pada penjelasan poin pertama, mesin dianggap sebagai sebuah solusi bagi pabrik untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan oleh manusia. Selain itu, dalam bekerja, mesin bisa bekerja lebih lama dibanding manusia biasa. Dan yang lebih penting, mesin tidak akan pernah meminta tambahan gaji.

Namun, walaupun pabrik sudah menggunakan mesin dalam proses produksi, bukan berarti pabrik sama sekali tidak membutuhkan tenaga manusia karena ada beberapa pekerjaan lain yang tidak bisa dikerjakan oleh mesin dan hanya bisa dikerjakan oleh manusia sehingga pabrik sudah pasti akan mempertahankan beberapa tenaga manusia untuk melakukannya. Tapi, untuk mendapatakannya, pabrik haruslah memiliki spesifikasi khusus dan hanya memilih beberapa karyawan yang memiliki skill atau kemampuan saja yang dipertahankan. Karyawan yang tidak memiliki kemampuan sudah pasti akan di PHK.

  1. Pengantar Pos Yang Kehilangan Pekerjaan Karena Adanya Smartphone

zaman modern seperti sekarang ini memang merupakan sebuah zaman yang serba memudahkan segala aktifitas keseharian yang biasa dilakukan secara manual dalam menerapkan cabang-cabang ilmu ekonomi. Namun, dibalik itu, terdapat sebuah dampak lain dari zaman modern yang tidak bisa dipisahkan darinya, semakin berkurangnya tenaga kerja manusia yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya memerlukan tenaga manusia. zaman modern membuat manfaat pasar tenaga kerja menjadi kekurangan peminat.

Salah satu pekerjaan yang mendapat dampak langsung lainnya dari zaman modern adalah pekerjaan sebagai pengantar pos. Hal ini terjadi karena di zaman modern beberapa pekerjaan yang biasa dilakukan oleh pengantar pos sudah dilakukan secara otomatis. Seperti misalnya dari adanya smartphone yang memudahkan seseorang saling berkirim pesan dengan orang lainnya dalam waktu yang sangat cepat. Bahkan, kini tidak hanya pesan yang dikirim secara cepat karena foto maupun video bisa dikirim pula dengan bantuannya.

Arus informasi yang cepat merupakan salah satu indikator pembangunan ekonomi karena segalanya menjadi lebih cepat untuk dikerjakan dan menjadikan semua sendi-sendi pembangunan sangat terikat oleh internet sebagai dasar dari pengiriman pesan yang cepat di zaman modern ini. Walaupun semakin berkurangnya tenaga pengantar pos, namun ini tidak menjadi penyebab ekonomi lesu karena pengantar pos, walaupun hanya tinggal sedikit, lebih difungsikan untuk mengirim barang-barang dibandingkan mengirim surat seperti dahulu.


Pengangguran teknologi merupakan dampak dari zaman modern. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, walaupun zaman modern dapat membantu menyelesaikan segala pekerjaan secara cepat dan efisien, namun dibalik itu terdapat banyak tenaga kerja yang kehilangan pekerjaanya karena pekerjaan yang diambil alih oleh mesin atau teknologi.

Walaupun tidak bisa dihindari, bukan berarti pengangguran teknologi tidak bisa dikendalikan untuk memperkecil jumlahnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengangguran teknologi ini adalah dengan melakukan pelatihan khusus untuk para karyawan sehingga mereka memiliki kesempatan yang lebih besar lagi untuk bersaing di zaman teknologi seperti saat ini.

Itulah beberapa contoh pengangguran teknologi yang bisa kita jadikan acuan untuk mengenal lebih jauh tentang pengangguran teknologi. Jika anda memiliki contoh-contoh lain dari contoh pengangguran teknologi, silahkan berbagi di kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : SDM