Sponsors Link

5 Tips Bisnis Bensin Eceran yang Menjanjikan

BBM atau bahan bakar minyak menjadi kebutuhan pokok bagi semua manusia. Salah satunya adalah bensin. Dalam kehidupannya manusia membutuhkan bensin ini sama halnya dengan kebutuhan pokok mereka sandang,pangan, papan. Bensin menjadi penting karena untuk menjalankan kendaraan bermotor mereka demi mencari rezeki atau bekerja yang hasilnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Seiring berjalannya waktu semua orang memilih untuk memiliki kendaraan bermotor sendiri, mereka sudah tidak mau naik angkutan umum karena dianggap lama dan tidak bisa bebas. Dengan demikian bensin akan menjadi kebutuhan jangka panjang tidak akan pernah habis selama masih ada kendaraan bermotor di dunia ini. (Baca juga : tindakan ekonomi rasionalteori perilaku konsumen)

ads

Permintaan akan bensin semakin hari semakin meningkat, bahkan masalah harga pun tidak begitu dipedulikan oleh konsumen. Karena mereka berfikir yang penting saya mendapat bensin. Bila diumpamakan bensin ini menjadi ruh kendaraan motor, dimana ketika tidak ada bensin maka kendaraanpun tidak jalan. Hal ini tentu akan merugikan si pemilik. Untuk itulah bagi individu yang pintar membaca peluang, maka bensin ini bisa dijadikan sebagai bisnis. Kita semua tahu bahwasannya bisnis bensin ini ada dua yakni Pom bensin (cakupan besar) dan bensin eceran. Dalam artikel kali ini kita akan fokus membahas tentang bisnis bensin eceran. Bensin eceran pun ada yang tradisional dan modern. Tradisional masih memakai botol dan corong, sedangkan untuk yang modern sudah seperti Pom bensin yang besar. (Baca juga : pengertian motif ekonomi , Cara Sukses Bisnis Pulsa)

Bagi anda yang masih berfikir bensin eceran tidak akan berkembang, jangan salah karena saat ini banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu dan mereka pun sibuk dengan segala aktivitasnya. Mereka tidak akan mau antri di Pom bensin karena lama, maka mereka lebih suka untuk membeli bensin eceran karena lebih cepat dan praktis. Meskipun harga berbeda namun kemudahan dan kepraktisan menjadi alasannya. Bagi anda yang ingin membuka bisnis eceran caranya mudah. Tidak serumit dengan bisnis lainnya bensin eceran ini lebih mudah dilaksanakan. Hanya ada beberapa syarat yang harus anda tempuh sebelum menjalankan bisnis ini, antara lain :

  1. Izin RT/RW

Ketika ingin membuka bisnus atau usaha baru tentunya dibutuhkan izin dan legalitas terlebih dahulu. Begitu juga dengan bisnis bensin eceran ini, kita harus meminta izin kepada RT atau RW agar selama perjalanan bisnis kita tidak ada kendala atau hambatan di kemudian hari. Baik biensin eceran tradisional maupun modern kita membutuhkan izin dari kedua pihak tersebut. Alasan mengapa kita harus meminta izin kepada RT/RW, karena kita membukan bisnisnya di tempat kita berdomisili. Hal yang wajib bagi kita yang akan membuka bisnis ini yakni izin RT/RW. (Baca juga : syarat mendirikan koperasi simpan pinjam , Bisnis yang Menguntungkan di Desa )

  1. Modal

Modal merupakan salah satu hal wajib yang harus kita persiapkan untuk membuka suatu usaha. Untuk bisnis bensin antara tradisional dengan modern berbeda karena untuk bensin modern membutuhkan sebuah alat yang harganya tidak murah, sedangkan untuk yang bensin tradisional cukup hanya dengan botol bekas dan corong saja. Tentu modal yang dikeluarkannya pun berbeda untuk alat pom mini harganya kisaran 5-8 jt per unitnya. Sedangkan untuk bensin eceran tradisional hanya cukup mengeluarkan dana sebanyak 500 ribu untuk beli botol bekas, corong dan pembuatan tempat bensin. (Baca juga : cara memulai bisnis travel  – cara memulai bisnis pakaian)

Sponsors Link

  1. Tempat

Bisnis bensin eceran tidak perlu sulit untuk mencari tempat. Bisa menggunakan teras rumah, depan toko dan yang lainnya. Perlu di ketahui meskipun mudah mencari tempat, kita harus pintar mencari tempat yang strategis dan harus memperhatikan lingkungan sekitar. Ketika disekitar rumah kita banyak yang jualan bensin, maka kita harus mencari tempat lain dimana tidak ada yang banyak menjual bensinnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar saingan kita tidak terlalu jauh. Yang paling penting adalah kebersihan tempat harus selalu kita jaga, karena jika tempatnya kotor konsumen pun enggan membeli bensin di tempat kita. Selain itu mengingat BBM merupakan bahan yang mudah terbakar maka selalu himbaukan kepada para konsumen untuk tidak menyalakan mesin saat mengisi bensin, tidak memotret dan menggunakan HP. (Baca juga : syarat mendirikan yayasan pendidikan , Bisnis Kuliner Modal Kecil)

  1. Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis bensin eceran tidak terlalu rumit. Untuk bensin eceran modern hanya membutuhkan peralatan pom mini yang melalui selang seperti halnya di pom bensin. Sedangkan untuk bensin eceran tradisional hanya memerlukan peralatan berupa botol bekas dan corong. (Bac Juga: Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan , Bisnis yang Menguntungkan Bagi Pelajar)

  1. Menejemen yang baik

Perlu diketahui bahwasannya bensin eceran ini terlihat mudah namun butuh ketelatenan dalam manajemen bisnisnya. Kita tahu bahwasannya keuntungan dari bensin eceran ini keuntungannya sedikit tidak bisa langsung banyak, maka dalam hal ini keuntungan dari penjualan bensin harus dipisahkan dengan yang lainnya. Supaya kebutuhan satu dan lainnya tidak bercampur.dengan bisnis kita. bukan hanya itu menajemen harga juga harus kita lakukan, karena smapai saat ini harga BBM tidak akan bisa naik dan turun itu sudah biasa, maka dari itu tentukan harga sesuai dengan pasaran yang berlaku. Selain itu ada saran bagi anda yang ingin membuka bisnis bensin eceran yang memakai botol, pakailah konsep harga per botol bukan per liter karena sebagai manusia biasa timbangan kita tidak selalu tepat dan benar. (Baca juga : ruang lingkup ekonomi manajerial , Teori Biaya Produksi)

Selanjutnya kita akan membahas menegnai keuntungan yang didapatkan ketika menjalankan bisnis bensin eceran ini. Jika anda memiliki modal berlebih maka lebih baik membuka Pom Bensin Mini, karena lebih praktis dan menjadi sasaran konsumen. Namun jika anda memiliki modal yang pas-pasan lebih baik membuka bensin eceran secara tradisional. Pertama kita akan membahas mengenai keuntungan Pom Bensin Mini, yang anda butuhkan hanyalah tempat serta mesin atau alat pengisi bensinnya. Untuk harga alat tersebut kisaran 5 hingga 8 juta rupiah.. tips bagi anda yang ingin membeli alat ini harus pintar-pintar melakukan survey dan mencari harga paling rendah untuk alat ini. Selain itu saat membeli alat ini pastikan semua lancar dan tidak ada minusnya. (Baca juga : cara sukses bisnis oriflame)

Sponsors Link

Untuk menghitung keuntungan bisnis Pom Bensin Mini, kita bisa menghitung pendapatan dan pengeluaran serta modal. Untuk hal ini modal yang dibutuhkan adalah Rp 5.000.000 untuk mesin, beli pertalite dan pertamax kisaran Rp 320.000, dengan rincian pertalite 20 liter dengan harga per liternya Rp 7400, sehingga dibutuhkan Rp 148.000 untuk pertalite, sedangkan pertamax membutuhkan Rp 164.000 untuk mebeli sebanyak 20 liter , dengan harga satuan Rp 8200. Sehingga total pengeluaran sebanyak Rp 5.312.000. sedangkan untuk pendapatan yakni kita hitung dari semua penjualan pertalite dan pertamax. Untuk harga pertalite per liter dijual Rp 8200, sedangkan untuk pertamax dijual Rp 9000. Sehingga untuk 20 liter pertalite akan didapat Rp 164.000 dan untuk 20 liter pertamax didapt Rp 180.000. jika ditotal menjadi Rp 344.000. Jadi rata-rata keuntungan Pom Bensin Mini adalah penjualan pertalite dan pertamax – pembelian pertalite dan pertamax di Pom = Rp 344.000 – Rp 312.000 = Rp 32.000/ harinya. Jika dalam sehari memang bisa menjual habis BBM tersebut. Jika sehari keuntungannya Rp 32.000, maka satu bulan omset yang didapat yakni Rp 960.000. Memang tidak banyak namun jika digeluti dengan serius bisnis ini akan menguntungkan. (Baca juga : keuntungan bisnis alfamartkeuntungan bisnis fotocopy)

Kita sudah membahas tentang Pom bensin mini, selanjutnya kita akan menganalisa keuntungan bensin eceran yang sederhana yakni menggunakan botol. Untuk modal hanya sedikit hanya perlu membeli botol bekas 50 biji. Dengan rincian harga Rp 5000/ botol. Jadi modal utama yakni Rp 250.000. sedangkan untuk harga bensin yang kita beli di Pom sama dengan pembahasan sebelumnya yakni Rp 7400 untuk pertalite dan Rp 8200 untuk pertamax. Kita bisa membeli 20 liter pertalite dan 20 liter pertamax. Untuk satu botol kita membutuhkan kurang lebih 1 liter pertalite dan 1 liter pertamax juga, jadi 20 botol untuk pertalite dan 20 botol untuk pertamax, sisa botolnya untuk cadangan. Satu botol pertalite kita jual dengan harga Rp 8500 dan pertamax Rp 9500. Jadi uang yang kita dapat untuk 20 botol pertalite sebanyak Rp 170.000 dan Rp 190.000 untuk 20 botol pertamax. Jadi total pendapatan yakni sebesar Rp 360.000. keuntungan bersih yang kita dapat adalah Rp 360.000 – Rp 312.000 = Rp 48.000/ hari. Memang terlihat lebih untung bensin eceran yang sederhana namun saat ini banyak orang yang lebih memilih pom bensin mini, dengan alasan lebih murah dan mudah. (Baca juga : cara mendapatkan modal dari pemerintah – cara mendapatkan modal usaha)

Terlepas dari hal tersebut memang bisnis bensin eceran memiliki prospek yang bagus ke depannya, mengingat hampir semua orang membutuhkan BBM dan tidak mau antri lama-lama di POM. Bisa disimpulkan bahwa ada beberapa Tips Bisnis Bensin Eceran yang bisa anda jadikan referensi yakni harus memilih tempat yang strategis, tentukan harga yang baik dan mampu bersaing, jangan samapi telat stok BBM nya, untuk anda yang memilih menggunakan botol gunakan harga per botol bukan per liter. Yang terakhir yakni jangan putus asa dengan hasil yang tidak begitu besar tapi tetap geluti bensin eceran ini karena prospek kedepannya bagus. (Baca juga : penyebab kegagalan usaha , prinsip-prinsip bisnis)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis