Sponsors Link

15 Cara Menabung Emas di Pegadaian dan Keuntungannya

Kebutuhan manusia makin hari makin bertambah besar. Teori kebutuhan dasar manusia oleh Abraham Maslow menyatakan ada 5 jenis kebutuhan dasar manusia. Kebutuhan yang paling penting adalah kebutuhan fisiologis salah satunya kebutuhan memiliki tempat tinggal. Apalagi bila kamu telah berumah tangga. Dana yang harus dikeluarkan tiap bulan hanya berbeda tipis dengan pemasukannya. Gaji pegawai atau karyawan biasa mungkin masih sulit untuk bisa memenuhi kebutuhan anak-anak dan keluarga yang semakin meningkat tiap tahunnya. Contohnya jika anak kamu akan masuk perguruan tinggi. Tidak kurang dari Rp 20 juta harus disiapkan. Tentunya memiliki tabungan atau investasi dapat membantu dalam situasi ini.

ads

Tabungan atau investasi jenis lain seperti saham, deposito, reksa dana dan investasi syariah terbaik lainnya adalah beberapa investasi uang yang mulai populer akhir-akhir ini. Sayangnya nilai investasi ini sangat dipengaruhi dan tergerus akibat inflasi yang melanda. Bahkan uang yang kita simpan dalam tabungan setiap bulannya terpotong uang administrasi. Oleh karena itu, banyak yang mulai beralih untuk berinvestasi dalam bentuk barang, entah itu tanah, bangunan, atau emas. Seperti yang kita ketahui, keuntungan investasi properti dan emas ini nilainya selalu meningkat setiap tahunnya.

Pegadaian sadar akan hal ini. Sebagai badan usaha yang memiliki ciri ciri BUMN, pegadaian berusaha untuk melayani kepentingan publik dan menyejahterakan masyarakat. Oleh karena itu beberapa waktu yang lalu pegadaian mengeluarkan produk terbarunya yaitu tabungan emas. Tabungan emas adalah salah satu bukti nyata peran BUMN dalam perekonomian Indonesia. Dengan tabungan emas, masyarakat akan mendapatkan kemudahan layanan penjualan maupun pembelian emas dengan harga yang terjangkau.

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Ada banyak keuntungan yang diperoleh jika kita menabung emas di pegadaian. Diantaranya:

1. Pembelian emas dapat dilakukan secara tunai maupun kredit

Pegadaian memberikan keringanan dengan menawarkan pilihan pembelian secara tunai atau kredit sesuai dengan keinginan pembeli. Jika kamu tertarik membeli emas secara tunai, jangan kaget jika tidak langsung menerima emas secara langsung. Ini karena pegadaian tidak menyetok emas. Sedangkan jika pembelian secara kredit, emas akan diberikan setelah semua cicilan lunas. Baik tunai maupun kredit, biasanya emas dapat diambil 2 minggu setelah pembayaran lunas.

2. Jangka waktu kredit tidak memberatkan

Jika kamu mengambil kredit, kamu bisa memilih untuk membayar cicilan hingga maksimal 36 bulan atau dalam jangka waktu 3 tahun.

3. Ada berbagai pilihan berat emas

Pegadaian memberikan emas dalam berbagai pilihan berat mulai dari 5 gram, 10 gram, 20 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, hingga 1 kg. Kamu dapat menentukan ingin berinvestasi emas dengan berat berapapun.

Sponsors Link

4. Harga yang ditetapkan cenderung normal.

Berbeda dari toko atau lembaga lain, pegadaian menetapkan harga sebesar 3% dari harga emas yang dikeluarkan PT. Antam. Jadi kamu bisa mengece harganya setiap hari dan dapat mengurangi kecurangan atau penipuan.

5. Kemungkinan terjadi penipuan sangat kecil

Banyak orang yang ingin berinvestasi namun takut terkena penipuan. Penipuan kebanyakan terjadi ketika orang menginvestasikan uangnya pada perusahaan yang tidak memiliki kredibilitas yang baik. Berbeda dengan Pegadaian yang merupakan lembaga resmi milik pemerintah. Menabung emas di Pegadaian adalah cara investasi emas untuk pemula yang terbaik dan paling aman.

6. Emas yang dijual Pegadaian memiliki sertifikat resmi PT. Antam

Kamu tidak perlu khawatir tentang keaslian emas yang dibeli di Pegadaian. Selain itu, kabarnya Pegadaian juga menerbitkan produk emasnya sendiri yang diberi merek Pegadaian.

7. Investasi emas lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung karena harganya terus mengalami kenaikan

8. Bisa mendapatkan dana saat memiliki kebutuhan mendesak

Meskipun sedang dalam proses menyicil, tabungan ini bisa digadaikan senilai dengan cicilan yang telah dibayar. Lalu kamu bisa menyicil kembali setelah membayar cicilan yang telah dibayarkan.

9. Emas yang dibeli dijamin aman

Pegadaian memiliki simpanan yang aman bagi emas kamu. Baik saat menyicil atau ketika sudah menerima emasnya. Jika kamu tidak memiliki tempat untuk menyimpan emas, Pegadaian dapat menyimpankannya secara aman.

Cara dan Syarat Untuk Menabung Emas

1. Lakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui harga emas sekarang ini. Untuk mengetahui harga emas saat ini, kunjungi situs resmi PT. Antam di www.logammulia.com dan lihat harga emas yang kamu inginkan. Pegadaian biasanya menyediakan pilihan berat mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 250 gram, hingga 1 kg. Lalu tambahkan 3% dari harga tersebut, itulah harga yang ditawarkan oleh Pegadaian.

Sponsors Link

2. Sesuaikan juga harga yang ditawarkan dengan dana dan pemasukan yang dimiliki. Jadi kamu bisa memilih pembelian tunai atau kredit dan berapa jangka waktu kredit yang ingin diambil. Sebaiknya pilih jangka waktu yang tidak terlalu lama karena harganya akan naik. Ini karena harga normal emas juga selalu naik.

3. Persiapkan syarat-syarat untuk menyicil emas di Pegadaian. Syarat- syarat yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Memiliki rekening tabungan emas di Pegadaian – untuk menabung emas, jelas harus membuka rekening tabungan di Pegadaian. Untuk membuatnya, cukup dengan mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas di kantor cabang Pegadaian yang terdekat.
  • Melampirkan KTP/SIM yang masih berlaku
  • Membayar biaya administrasi dan fasilitas titipan selama 1 tahun – biaya yang dibutuhkan biasanya senilai Rp. 35.000 dengan rincian Rp. 5.000 sebagai administrasi dan Rp. 30.000 sebagai biaya penitipan.
  • Minimal saldo – sama halnya dengan rekening tabungan biasa, tabungan emas juga memiliki minimal saldo yaitu senilai 0,1 gram emas.
  • Memilih proses pembelian emas – kamu dapat memilih proses pembelian secara tunai atau kredit. Pembelian emas berlaku dalam kelipatan 0,01 gram namun disediakan juga pilihan emas batangan. Biasanya pilihan berat emas batangan di Pegadaian antara lain 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr. Jika kamu memilih opsi ini, kamu akan dikenakan juga biaya cetak emas yang harganya sesuai dengan berat yang kamu pilih.

4. Mengisi lembaran formulir aplikasi untuk program investasi emas.

5. Membayar Down Payment (DP) sebesar 20% hingga 30% dari harga normal emas. Selain DP ini beberapa Pegadaian meminta biaya administrasi yang ditentukan masing masing lembaga.

Demikian cara menabung emas dan syarat syarat yang dibutuhkan. Menabung emas memang memiliki banyak keuntungan. Namun perlu diingat juga, selama masa cicilan berlangsung jangan sampai membayar lewat dari masa waktu yang telah ditentukan sebelumnya, karena nantinya Anda akan dikenakan denda oleh pihak Pegadaian, atau bahkan emas yang Anda investasikan akan dilelang oleh pihak Pegadaian. Nantinya uang hasil lelang itu akan dipotong 2%, serta dibebankan denda kepada pihak nasabah yang mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan. Setelah itu nasabah akan menerima selisih dari harga emas tersebut. Hingga pada akhirnya Anda juga yang akan mengalami kerugian.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Investasi