Sponsors Link

3 Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan Paling Mudah

Bisnis makanan ringan adalah bisnis yang paling menjanjikan. Makanan ringan merupakan makanan yang banyak diburu  oleh masyarakat. Kita tahu bahwa makanan ringan merupakan kebutuhan sehari-hari  sebagai teman bersantai, menonton tv, berkumpul dengan keluarga maupun untuk nongkrong. Dalam hal ini bisnis makanan ringan juga sangat mudah untuk dibuat. Karena makanan ringan dapat diolah dari bahan-bahan sederhana yang diolah sedemikian rupa untuk memperoleh makanan yang banyak diburu oleh masyarakat. (Baca juga : perilaku konsumen yang sesuai dengan hukum Gossen  ,  Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi)

ads

Akhir-akhir ini makanan ringan yang terkenal adalah:

  1. Keripik pedas

Dengan bahan baku singkong yang diolah menjadi keripik, ataupun bakso goring (basreng) ataupun olahan keripik lain, dimana  kita dapa menambainya dengan tambahan bumbu pedas racikan sendiri yang sangat menggugah selera dengan level pedas yang berbeda-beda. Makanan  ringan berupa keripik pedas masih snagat digemari oleh masyarakat.

Artikel terkait :

  1. Berbagai roti

Saat ini banyak selebriti yang membuat bisnis makanan berupa roti. Roti bukanlah makanan ringan namun, diolah sebagai makanan khas yang banyak diburu oleh banyak peminatnya. Hanya dnegan memadumadankan roti dengan berbagai varian, berbagai  topping dan rasa bisa membuat bisnis makanan mereka laku keras dan banyak peminatnya

Artikel terkait :

Makanan ringan bukan hanya dari kedua hal itu saja melainkan banyak hal yang dapat dimanfaatkan sebagi makanan ringan seperti olahan makanan ringan dari buah, dari umbi-umbian, dari sayur dan lain sebagainya. Olahan-olahan tersebut bisa kita ubah sesuai kreatifitas kita, dengan hal yang menarik dan unik. Masyarakat memiliki selera dimana makanan ringan itu enak dan unik siapa sih yang tidak ingin memborong dan membeli banyak makanan ringan tersebut. (Baca juga : tindakan ekonomi rasional ,  Fungsi Ekonomi Pasar Modal)

Cara memulai usaha makanan ringan cukuplah mudah. Kita hanya perlu memiliki cukup modal untuk produksi mulai dari bahan, pengolahan hingga pengemasaan. Kita haus mengetahui sasarn yang kita tuju sehingga konsumen yang kita incar jelas. Selanjutnya dalam proses distribusi kita harus memiliki partner kerja yang bertanggung jawab dalam hal penyaluran barang tersebut, apaila makanan ringan tersebut akan dijual ke banyak tempat. Namun, apabila makanan ringan itu hanya dijual di dekat tempat produksi maka kita memerlukan karyawan dalam hal penjualan. (Baca juga : contoh prinsip-prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari)

ads

Bukan hal itu saja, melainkan ide , kemauan, dan sikap yang pantang menyerahlah yang dibutuhkan dalam memulai bisnis makanan ringan ini. Ide daam hal ini adalah kita harus memiliki inovasi dalam pembuatan makanan ringan. Contohnya kita ingin membuat keripik singkong. Di pasaran  kita sudah banyak menemui aneka keripik singkong manis, asin, pedas, dan lain sebagainya. Kita tidak mungkin hanya berpacu pada rasa itu saja. Mungkin kita bisa berinovasi dengan cara bagaimana keripik singkong tersebut bisa disukai pembeli misal kita memberinya rasa buah ataupun dengan aneka bubuk seperti balado , jagung manis ataupun yang lain. Apabila kita memaksakan hanya rasa yang berada di pasaran, maka mau tidak mau kita harus membuat bagaimana caranya agar kerenyahan keripik kita beda dengan yang lain, karena itu akan menjadi ciri khas dari produksi kita. (Baca juga : fungsi produksi dalam perusahaan , Fungsi Produksi dalam Perusahaan)

Kedua adalah kita harus memiliki kemauan. Kemauan yang dimaksud adalah kita sudah berkeinginan maka kita harus meneruskannya, tidak boleh berhenti di tengah. Misal kita sudah malas dengan hal itu kemudai kita berhenti. Mungkin memang banyak hal yang membuat jenuh namun seperti pepatah mengatakan dimana ada kemauan di situ ada jalan, maka kita harus tetap pada pendirian kita agar kita dapat berhasil. Dan selanjutnya adalah sikap yang pantang menyerah. Sifat ini sangatlah diperlukan karena dalam hal berbisnis pastilah bnayak aral melintang yang menghalangi dalam perjalanan bisnis kita. Banyak hambatan yang kita dapati namuan , apabila kita memiliki sifat pantang menyerah maka pasti kita memiliki keinginan untuk maju terus dan melawan segala aral melintang yang menghampiri kita. (Baca juga : pengertian motif ekonomi , Teori Biaya Produksi)

Cara Memulai Bisnis Makanan Ringan

  1. Kita harus menyiapkan produk yang akan kita olah
  • Memiliki modal yang cukup

Modal yang cukup ini mkasudnya, apabila kita sudah niat untuk memulai bisnis, maka kita harus memiliki uang yang lebih bukan hanya pas karena dalam hal ini bnayak pengeluaran yang tidak terduga apabila kita memulai sebuah bisnis. (Baca juga : syarat mendirikana koperasi simpan pinjam)

  • Konsumen yang dipilih

Apabila kita ingin membuat makanan ringan kita harus tahu kita akan berbisnis makanan untuk konsumen yang bagaimana. Untuk anak kecil, remaja dan dewasa, ataupun orang tua. Atau kita memilih konsumen dari remaja hingga orang tua. Kita harus menyesuaikan konsumen yang akan kita tuju, agar kita mengetahui target makanan kita, agar tidak salah sasaran dan pastinya untuk memuaskan konseumen sesuai target yang akan kita capai. (Baca Juga:  Bentuk Kepemilikan Bisnis)

  • Bahan baku

Bahan baku yang dipakai adalah bahan baku yang mudah dicari atau banyak ditanam di negara sendiri. Sebisa mungkin dalam pemilihan bahan baku kita harus memilih kualitas terbaik yang dapat menunjang rasa makanan kita

  • Cara mengolah

Apabila bahan sudah siap kita harus tau bagaiamana cara mengolah makanan ringan tersebut. Mulai dari proses pengupasan (bila ada), pembersihan, diolah menjadi produk unggulan kita itu digoreng, dikukus, dioven dan lain-lain, dan proses pengemasan. Kita harus menyediakan alat penunjangnya. Kalau menggoreng berarti kita memerlukan kompor, wajan, spatula, pengangkatan makanan dari minyak, dan minyak itu sendiri. Kita sesuaikan alat penunjang, dengan bagaimana cara kita mengolah produk tersebut. (Baca juga : tujuan ekonomi pembangunan)

  • Nama produk

Untuk menarik pelanggan dan sebagai ciri khas dari produk kita, maka kita harus memiliki nama produk yang pas dengan produk yang kita buat. (Baca juga : syarat mendirikan yayasan pendidikan)

Sponsors Link

  1. Proses pengolahan

Dalam proses pengolahan inilah hal yang menentukan bagaimana  makanan ringan kita bisaa menjadi makanan ringan yang banyak dicari oleh masyarakat. Di tapah menyiapkan produk kita sudah dijelaskan tentang bagaimana produk tersebut samapai ke tangan pembeli dengan bail dlaam proses pengolahan yang perlu diperhatikan adalah kebersihan. Kebersihan sangatlah penting, karena kebersihan inilah yang nnatinya menentukan kualitas produk kita. Pengemasan yang menarik serta nama yang menarik juga menentukan makanan ringan tersebut dibeli oleh penjual.  (Baca Juga: Hubungan Pasar Uang dan Pasar Modal dalam Perekonomian , Fungsi Pasar Valuta Asing)

  1. Proses distribusi

Dalam proses penyaluran makanan yang kita oleah kita harus memperhatikan hal-hal berikut

  • Memanfaatkan peristiwa tertentu yang mengundang keramaian

Promosi yang baik adalah promosi  di tempat yang ramai. Hal ini dikarenakan situasi biasanya akan lebih efektif dibanding situasi yang lebih sepi.Karena apabila kita memilih tempat yang ramai maka keuntungan ngannya banyak masyarakat yang tertarik, kedua karena banyak orang yang tertarik, maka akan membuat masyarakat yang lain ingin tahu apa yang membuat banyak orang tertarik dan akan ikut melihat produk kita. Apabila banyak orang yang tertarik dan mencoba produk kita, dan mereka suka, maka akan bnayak pembicaraan sana-sini tentang keenakan makanan kita, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk mengonsumsi makanan ringan kita.  Caranya adalah dengan membuat paket promo spesial untuk menarik para calon konsumen. (Baca juga : indikator pembangunan ekonomi)

  • Membuat selebaran, atau mempromosikannya melalui media sosial

Hal yang paling dpenting dalam promosi makanan ringan adalah memberitahu kepada calon konsumen yang potensial. Bisa dengan cara  membuat selebaran yang menarik dnegan produk kita, kemudian menyebarkannya ke tempat yang cukup potensial juag seperti alun-alun kota, kampus, ataupun tempat ramai yang lain. Dalam seebaran yang kita bagi juga harus berisi yang menarik pula agar pelanggan tertarik untuk mencoba makanan kita. Selain itu selebaran tersebut bisa kita bentuk soft file yang kemudian disebarkan melalui teman-teman di media social. (Baca juga : cara mendirikan perusahaan perseorangan)

Demikianlah tips bagaimana memulai bisnis makanan ringan yang mudah dan sederhana dengan modal rendah dan mendapatkan keuntungan yang berlimpah. (Baca juga : bisnis rumahan modal kecil menguntungkan)

, , ,
Oleh :
Kategori : Peluang Bisnis