Sponsors Link

13 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Pribadi Wajib Dicoba

Pernahkah anda kesulitan dalam mengatur keuangan bulanan? Penggunaan ataupun pengaturan keuangan bulanan yang salah bisa berakhir malapetaka. Bagaimana tidak masalah ini sebenarnya bukan hanya masalah kecil, namun bisa menyebabkan masalah keuangan nantinya jika tidak segera ditangani dengan tepat. Mengatur keuangan bulanan dengan cermat adalah hal yang sangat penting terlebih. Meskipun anda memiliki gaji yang tinggi namun jika anda tidak mengatur keuangan bulanan dengan tepat maka masalah keuangan sangat mungkin terjadi. Banyak orang yang masih kebingungan mengenai cara mengatur keuangan bulanan. Berikut ini cara mengatur keuangan bulanan dengan tepat dan mudah :

  1. Buatlah rencana anggaran bulanan

Hal pertama yang perlu anda pikirkan adalah dengan membuat perencanaan terkait anggaran belanja selama satu bulan. Rencana keuangan akan membantu anda dalam menghindari pemborosan. Pemborosan seringkali terjadi karena anda mengikuti keinginan dan bukan kebutuhan. Rencana anggaran akan membantu anda untuk memilah antara yang anda inginkan dan yang anda butuhkan sehingga anda lebih mudah dalam mengontrol pengeluaran. Susunlah rencana secara tertulis kemudian belanjakan uang sesuai dengan rencana yang anda buat. Anda bisa membuat mengenai kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Usahakan untuk tidak menggunakan uang melebihi anggaran yang telah anda tetapkan, sehingga anda bisa menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan yang lainnya.

  1. Pergunakan kartu kredit dengan bijak

Kartu kredit seringkali menjadi jalan pintas untuk memenuhi segala keinginan. Sayangnya, penggunaan kartu kredit yang terlalu sering juga bisa berdampak buruk bagi keuangan anda. Satu sisi kartu kredit dapat membantu anda untuk mengelola keuangan, anda bisa memanfaatkan promo yang diberikan untuk mendapatkan kebutuhan. Di sisi lainnya, penggunaan kartu kredit bisa membuat hutang jangka panjang. Penggunaan kartu kredit yang tidak tepat bisa mengembangkan sifat boros. Bukan hanya uang, kartu kredit juga menetapkan biaya administrasi dan bunga sehingga membuat uang anda lebih cepat habis. (baca juga : keuntungan memiliki kartu kreditmacam produk kredit pasif unsur kredit jenis kredit)

  1. Berbelanja secara grosir

Ketika anda telah membuat rencana anggaran dan rencana belanja dalam satu bulan, anda bisa mulai berbelanja. Anda bisa lebih mudah untuk berbelanja dengan mengikuti rencana yang telah ditetapkan. Rencana akan membuat proses belanja berjalan dengan lebih efisien dan efektif. Karena telah mengetahui list barang yang perlu anda beli, anda bisa berbelanja secara grosir. Berbelanja secara grosir akan lebih murah sehingga bisa menghemat pengeluaran anda.

  1. Manfaatkan promo atau diskon

Promo atau kupon diskon bisa anda gunakan untuk menghemat uang anda. Anda bisa membeli kebutuhan anda akan barang tertentu dengan memanfaatkan promo atau diskon yang diberikan. Belanja dengan menggunakan diskon atau promo tentu lebih menguntungkan dan meringankan pengeluaran anda. Namun hindari membeli barang hanya dengan alasan diskon. Jika anda memang tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, sebaiknya tidak perlu dibeli meski anda ditawari diskon yang cukup besar. Belilah barang yang anda butuhkan dan bukan yang anda inginkan.

  1. Kurangi kebiasaan makan diluar rumah

Hangout bersama dengan teman atau rekan kantor dan kebiasaan untuk makan diluar bisa membebani pengeluaran anda. Kebiasaan ini jika dilakukan terlalu sering bisa memberi masalah keuangan pada anda. Anda juga bisa memiliki perilaku boros. Kurangilah kebiasaan untuk makan diluar rumah. Anda tentu bisa hangout bersama rekan namun jangan terlalu sering melakukannya. Harga makanan diluar tentu jauh lebih besar dibandingkan jika anda membuat makanan sendiri.


  1. Bayar tagihan segera

Tagihan yang anda miliki tentu menjadi kewajiban yang haru didahulukan. Tagihan ini perlu segera anda bayar setelah anda menerima gaji. Melunasi tagihan dengan segera sangat penting untuk dilakukan sehingga tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari. Selanjutnya anda tidak perlu dicemaskan dengan tagihan yang belum dibayar atau dikejar oleh debt collector karena anda telah membayarnya diawal bulan. Anda juga bisa menghindari bunga yang bisa menambah pengeluaran anda. Anda bisa lebih tenang dan leluasa dalam mengatur kebutuhan bulanan yang lain. (baca juga : cara meminjam uang di BPRtips memilih KPRcara mengajukan kartu kredit)

  1. Menabung

Menabung tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Menabung diawal penerimaan gaji bisa banyak membantu. Anda bisa memiliki jumlah tabungan yang besar dan anda juga bisa mengontrol pengeluaran yang dianggap tidak terlalu penting. Tabungan nantinya bisa anda gunakan untuk hal-hal tidak terduga dan mendesak. (baca juga : cara menabung emas di pegadaian kelebihan dan kekurangan menabung di bank)

  1. Catat pengeluaran

Mencatat pengeluaran menjadi hal yang bisa anda lakukan dalam rangka mengontrol anggaran. Melalu catatan tersebut, anda bisa mengetahui kemana uang anda. Dengan mengetahui hal tersebut anda lebih mudah mengetahui sisa uang yang anda miliki. Anda juga bisa mengontrol barang yang tidak perlu lagi anda beli.

  1. Gunakan lebih dari satu rekening

Menggunakan lebih dari satu rekening akan membantu anda untuk mengelompokkan keuangan. Anda bisa gunakan satu rekening sebagai tabungan dan rekening lain bisa anda gunakan untuk transaksi sehari-hari. Cara ini bisa membantu anda untuk mencegah penggunaan keseluruhan pendapatan. Anda akan lebih mudah untuk mengatur anggaran.

  1. Simpan bonus gaji

Simpanlah bonus yang anda dapatkan dari kantor. Orang seringkali menggunakan bonus gaji untuk bersenang-senang atau kebutuhan tersier. Padahal akan lebih bermanfaat jika bonus tersebut anda masukkan ke dalam tabungan. Meskipun anda mendapatkan bonus dan pendapatan anda melebihi yang biasa anda dapat, anda harus menggunakan dana sesuai dengan rencana yang anda buat diawal. Tidak ada yang akan tahu jika anda memiliki kebutuhan mendesak secara tiba-tiba.

  1. Buat target mingguan

Jika anda masih kesulitan dalam mengatur keuangan bulanan, anda bisa menoba membuat target pengeluaran setiap minggu. Anda bisa membawa uang yang ditetapkan selama seminggu. Anda tidak boleh membawa uang melebihi ketetapan. Dengan membawa uang tunai, anda tidak perlu sering ke ATM dan terus menguras uang didalamnya. Bawalah uang secukupnya untuk satu minggu, pengeluaran anda juga tidak boleh melebihi target tersebut. (baca juga : cara mengatur keuangan pribadicara mengatur keuangan agar tidak boros ruang lingkup ekonomi manajerial)

  1. Bandingkan pengeluaran dengan rencana bulanan

Pada akhir bulan lakukan analisa mengenai pengeluaran anda. Bandingkan antara pengeluaran dengan rencana bulanan yang telah anda susun di awal bulan. Ini akan membantu anda untuk mengetahui sudahkah pengeluaran sesuai dengan budget bulanan. Jika anggaran yang anda tetapkan diawal bulan terlalu kecil dan berbeda sangat jauh dengan pengeluaran, anda bisa merevisi untuk rencana anggaran bulan depan.

  1. Mulai berinvestasi

Setelah anda menyisihkan sebagian gaji untuk menabung dan pengeluaran sehari-hari. Anda juga perlu memulai investasi. Anda bisa gunakan untuk asuransi, reksa dana atau investasi dalam bentuk lainnya. Investasi tentu berbeda dengan tabungan. Investasi bisa menjadi simpanan dari kekayaan yang anda miliki dan bisa anda gunakan dimasa mendatang karena sifatnya yang jangka panjang. (baca juga : cara investasi emaskeuntungan investasi properti investasi syariah terbaikcara memilih reksadana terbaikkeuntungan investasi saham)

, , ,
Oleh :
Kategori : Financial Planning