Sponsors Link

14 Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Paling Mudah

Anak kost selalu identik dengan seseorang yang berusaha survive atau bertahan ditengah himpitan kondisi keuangan yang sulit, banyak sekali meme comic yang dibuat sebagai sindiran atau mungkin ajang curhat tentang kondisi anak kost yang mengalami kesulitan keuangan.

Menjadi anak kost sebenarnya adalah masa transisi dan ajang latihan untuk menjadi seseorang yang bisa hidup lebih mandiri sebelum ke jenjang yang lebih serius semisal rumah tangga. Maka dari itu mengelola kuangan bagi anak kost tidak bisa main-main karena dapat memunculkan masalah keuangan yang berat di lain hari.

Dengan mengelola keuangan dengan baik, tidak hanya dapat terlepas dari masalah keuangan saja anda juga dapat meraih kesuksesan di usia muda sukses, berikut ini beberapa cara mengatur keuangan anak kos :

Baca juga:

1. Menyusun anggaran belanja rutin

Cara ini merupakan Cara Mengatur Keuangan Anak Kos yang paling ampuh. Tulislah semua kebutuhan pokok yang pasti anda butuhkan tiap bulannya, semisal pulsa, uang kost, biaya makan, dan sebagainya. Jangan menunda kewajiban keuangan tiap bulan dan masukkan pada pos-pos yang sudah ditetapkan. Jangan gunakan pos ini untuk keperluan lain seperti memberi meminjamkan kepada teman atau keperluan konsumtif.

Mengusik anggaran rutin bisa berdampak fatal pada pemenuhan kebutuhan anda selanjutnya, sebagai contoh telat bayar uang sewa kamar kos, kehabisan stok makanan, kehabisan alat mandi, dan sebagainya. Bisa-bisa anda tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup dasar anda sebagai manusia. Karena itu tegaslah pada pos keuangan yang satu ini, tidak ada jaminan jika orang tua bisa membantu anda atau ada yang mau menyokong hidup anda di perantauan. Maka dari itu bijaklah mengelola pos ini. (baca juga: Cara Mendapatkan Modal Usaha dari Pemerintah)

2. Menabung di awal bulan

Walau keuangan anda pas-pasan bukan berarti anda bebas dari kewajiban menabung, anggarkan sekitar 10-20 persen dari uang bulanan anda, menabunnglah di awal bukan bukan sebaliknya karena sifat dasar manusia akan belanja dengan cerobah ketika uang yang ia miliki masih terlihat banyak dan tidak menyisakan untuk menabung.

Tabunglah di bank untuk mengurangi resiko dicuri, jangan taruh uang kas terlalu banyak di dompet atau lemari terlebih jika jumlah penghuni kos banyak untuk mengurangi resiko hilang. Tabungan ini dapat anda gunakan sebagai dana darurat ketika anda sakit atau ada keperluan yang mendadak. (baca juga: Cara Mengatur Keuangan Bulanan dengan Cermat dan Mudah)

3. Membawa Bekal

Tidak usah malu membawa makan dan minum sendiri di tas, selain lebih hemat anda juga bisa lebih yakin tentang kebersihan dan kesehatan kualitas bekal yang anda bawa. Tapi makanlah di tempat yang tepat agar tidak mengganggu orang lain dan anda juga dapat menikmati bekal anda, apalagi jika anda punya banyak teman yang tidak sungkan meminta bekal anda. (baca juga: Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros)

Tolak dengan halus atau beri sedikit bekal anda jika ada yang minta, ingat anda membawa bekal agar bisa hemat jangan malah membuat anda kehilangan uang karena menyediakan makanan untuk teman anda.

Teman yang baik pasti tahu diri dan bisa mengerti dengan keadaan anda. Karena jika tidak demikian,bukan teman namanya.

4. Hemat Kuota Internet

Buat pengaturan di aplikasi chatting kamu semisal whatsapp agar tidak mengunduh otomatis media gambar dan video atau dokumen lain yang berukuran besar. Cari wifi gratisan jika anda memang ingin mengunduh file tersebut, cari warung kopi yang menyediakan wifi dan unduh sebanyak mungkin file yang anda butuhkan sebelum beranjak.

Jika memungkinkan anda dapat mengunduh banyak file film dan yang lainnya sebagai hiburan alternatif anda di kamar kost. Selagi anda menemukan wifi gratis anda bisa gunakan koneksinya untuk mencari uang lewat internet. Banyak sekali program di internet yang mau membayar anda hanya untuk melakukan tugas mudah semisal mengisi survey hingga menonton video. (baca juga: Cara Bisnis Agen Kuota)

5. Perbanyak Relasi

Anda adalah mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain. Dengan memiliki banyak relasi anda akan memiliki banyak informasi tentang bisnis atau lowongan pekerjaan. Anda akan memiliki orang yang dapat anda mintai pertolongan atau jika dia seorang yang memiliki bisnis atau keahlian tertentu anda dapat bermitra bersamanya atau menjadi klien mereka.

Yang perlu anda tahu bahwa untuk memiliki kawan yang banyak juga harus memiliki modal, tidak ada yang mau berkawan dengan anda jika dia berpikir anda tidak memiliki kemampuan untuk membantu mereka di masa depan. Selalu jadi pribadi supel dan ringan tangan agar anda dapat menarik simpati dari banyak orang. Tidak harus menjadi pribadi yang rupawan untuk memiliki banyak teman cukup dengan menebarkan senyum dan salam akan membuat mereka senantiasa pribadi yang ramah, itu lebih efektif daripada hal lain seperti mentraktir dan sebagainya. (baca juga: Cara Memulai Bisnis Pakaian)

6. Kurangi Buang Waktu

Jangan buang-buang waktu produktif anda untuk sekedar nongkrong dan begadang, membuang waktu dan tenaga anda untuk melakukan aktifitas yang tidak ada gunanya sama halnya membuang uang dan kesempatan yang anda miliki untuk memperbaiki kehidupan finansial anda.

Tinggalkan teman yang negatif, mereka hanya membuat anda menjadi pribadi konsumtif. Lupakan tentang memiliki hubungan spesial dengan lawan jenis anda pada saat ini, anda akan menjadi tidak realistik saat menggunakan uang anda. Dekati orang yang membuat anda termotivasi untuk sukses. (baca  juga: Peluang Usaha Air Isi Ulang)


7. Kreatif  dalam Mendaur Ulang

Manfaatkan semua sumber daya yang ada di sekelling anda, gunakan barang bekas milik anda atau orang lain atau orang lain untuk di daur ulang. Gunakan lagi kertas yang bagian belakangnya masih bersih, jika memang sudah tidak bisa dipakai anda bisa jual kiloan. Jika anda cukup kreatif mungkin kreasi anda dapat bernilai ekonomis. (baca juga: Cara Bisnis Aki Bekas)

8. Baik Dengan Semua Penghuni Kos

Bantu ibu kost walau sekedar menyapu atau cuci piring, sikap ringan tangan kita akan menumbuhkan sikap simpati dari pemilik rumah. Ibu kost adalah orang tua pengganti kita, ia bisa menjadi penolong ketika kita sakit atau setidaknya memberikan tenggang waktu ketika kita dalam kesulitan finansial. Perbanyak puasa sunnah dan salat dhuha agar rejeki anda lancar. (baca juga: Cara Pinjam Uang Pada Atasan)

9. Stay low profile

Jangan pernah pamer, hal ini hanya menimbulkan efek negatif  pada anda. Anda akan mendapat banyak masalah seperti kecurian atau menjadi objek untuk berhutang. Orang akan cenderung memanfaatkan anda dan anda akan kesulitan untuk membedakan mana kawan mana lawan. Jadilah orang rendah hati dan ringan tangan, hal ini akan memberikan banyak keuntungan tak terduga dari arah yang tidak anda sangka.

10. Berbaur dengan warga

Mau tidak mau anda akan sering berinteraksi dengan masyarakat sekitar hunian kost anda.Mereka dapat memberikan pertolongan saat anda membutuhkan dan bisa menjadi jalan rejeki untuk anda. Setidaknya mereka akan mengundang anda di acara syukuran atau yang lainnya sehingga anda dapat menghemat biaya konsumsi.

11. Kenali Wilayah

Kenali seluk beluk tempat kost anda, temukan tempat dimana anda dapat memperoleh makanan termurah, foto kopi termurah, tempat nongkrong yang ramah kantong dan sebagainya. Anda bisa membantu teman anda yang ingin foto kopi dan sekalian selidiki fotokopi mana yang termurah, selagi menolong teman anda juga sekaligus survey untuk menemukan tempat terbaik yang anda cari.

12. bisnis bareng

Teman kost anda mungkin seorang yang memiliki bisnis atau mungkin punya banyak relasi yang bisa bermanfaat buat anda pilah teman yang baik agar anda juga dapat projek dengan teman anda atau setidaknya anda ketularan memiliki jiwa positif seperti mereka, ingat nasihat Warren Buffet “bertemanlah dengan orang yang baik, anda akan ikut terbawa arus olehnya”. (baca juga: Cara Memulai Bisnis Travel Agent)

13. Memulai Usaha Sendri

Gunakan barang anda untuk bisnis, anda dapat menyewakan tenda camping, sewa camera profesional, membuka jasa printing, jadi tukang ojek online dan sebagainya dengan begitu anda bisa dapat uang setidaknya untuk tambahan uang saku. Anda bisa bantu teman anda yang ingin jual gadgetnya, tinggal foto lalu tawarkan di forum jual beli, jika laku anda bisa mendapat persenan ddari teman anda. Anda juga bisa nyambi jadi guru les, penulis lepas, atau profesi lain yang anda suka. (baca juga: Bisnis Online Shop)

14. Beli nilai bukan merk

Jangan anda beli sesuatu yang tidak anda butuhkan, beli yang sesuai dengn anda dan jangan memilih karena merk. Gengsi adalah langkah awal dari ketidakbahagiaan. Pilih produk berkulitas dengan harga yang bersahabat. Dengan begitu anda akan mendapat keuntungan maksimal olehnya.

Baca juga:

, ,