Sponsors Link

Pengertian Pasar Bebas : Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Pasar bebas merupakan salah satu bentuk pasar yang dimana segala bentuk kebijakan baik harga atau yang lainnya tidak ada patokan atau paksaan dari pihak lain atau pemerintah. sesuai dengan namanya bebas, jadi semua pihak memiliki kebebasan dalam beraktifitas maupun menetapkan sebuah kebijkan dan yang lainnya. Perlu anda ketahui bahwasannya harga dalam pasar bebas ditentukan dari permintaan dan penawaran yang terjadi antara pembeli dan penjual. Secara umum pasar bebas merupakan sebuah konsep perekonomian yang beracuan pada suatu penjualan produk yang dilaksanakan antar negara tanpa adanya pemungutan pajak atas ekspor dan impor atau hambatan perdagangan yang lainnya.  (Baca juga : Perbedaan Ekonomi Terbuka dan Tertutup , Sumber Keuangan Perusahaan)

ads

Pengertian Pasar Bebas Menurut Para Ahli

  • Adam Smith

Pasar bebas merupakan sebuah wadah yang digunakan sebagai tempat penampungan yang dihasilkan oleh setiap individu dengan landasan kebebasan untuk menjalankan sebuah roda perekonomian dan atmosfer perekonomian yang diinginkan oleh mereka. Jadi tidak ada sedikitpun campur tangan yang bisa dilakukan pemerintah dan jajaran lainnya.(Baca Juga: Struktur Pasar Oligopoli , Instrumen Pasar Uang)

  • David Ricardo

Pasar bebas sering disebut dengan perdagangan bebas yakni sistem perdagangan yang ada di luar negeri, dengan konsep masing-masing negara melakukan perdagangannya tanpa ada alasan halangan dari negara. Jadi semua bebas melakukan perdagangan antar negara. (Baca juga : manfaat ekonomi internasional)

Dari pendapat dua tokoh ini mengenai pasar bebas bisa ditarik sebuah kesimpulan yakni pasar bebas merupakan sebuah konsep perekonomian yang berbentuk pasar dan didalmnya terdapat perdagangan, yang dimana semuanya dilakukan atas kehendak dan keinginan sendiri tidak ada yang bisa mnegatur dan menentukan baik itu campur tagan dari pemerintah atau yang lain. Untuk memperjelas tentang pasar bebas, selanjutnya kita akan membahas mengenai ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar bebas, antara lain :

1. Kepemilikan tunggal atau perorangan (non pemerintah) terhadap segala bentuk alat dan sumber produksi

Untuk masalah kepemilikan alat dan sumber produksi bebas dimiliki oleh semua pihak, karena memang dalam pasar bebas ini semua memiliki hak untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Selain itu faktor lain yang menyebabkan hal ini terjadi karena memang dalam pasar bebeas hak atau keputusan serta kebijkan pemerintah tidak diakui dan diperhatikan oleh semua pihak di pasar. Kondisi yang seperti ini bisa menimbulkan dua dampak bisa positif dan negatif. Positifnya ketika alat dan sumber produksi dikuasai dan dikelola oleh perorangan atau swasta maka mereka akan selalu menciptakan sebuah kreatifitas dan inovatif tanpa batasan dari pemerintahan. Sedangkan dampak negatifnya, ketika tidak ada kendali pemerintah maka akan timbul sebuah monopoli dimana pihak yang menguasai sumber produksi dan alatnya akan memperkaya diri sendiri. (Baca juga : Hubungan Ekonomi dan Politik Dalam Suatu Negara , Faktor Penawaran Uang)

ads

2. Terdapat pembagian kelas atau tahta dalam perekonomian masyarakat

Dalam pasar bebas ini, pihak nyang memiliki kekuasaan dan kekuatan maka akan menjadi pihak yang berkuasan atau bisa disebut sebagai dengan bos, sedangkan pihak lain yang kekuatannya hanya sebagian dan bahkan ada yang tidak memiliki kekuatan maka dia akan menjadi bawahan atau buruh. Inilah yang menjadi salah satu ciri dalam pasar beebas, dimana ada perbedaan kelas antara pihak satu dan yang lainnya. Tentu hal ini akan menjadi sebuah permasalahan karena tidak ada sebuah keadilan, selain itu juga ditakutkan pihak yang di bawah akan berontak sehingga kestabilan perekonomian akan bermasalah. (baca juga : Undang-undang Pasar Modal ,  peran pasar dalam perekonomian)

3. Persaingan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya selalu terjadi

Tujuan utama semua pihak bergabung dan beraktivitas dalam pasar bebas adalah untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, tidak peduli dengan cara atau strategi apa yang digunakan. Hal inilah yang menyebabkan persaingan dalam pasar bebas selalu terjadi dan akan terus terjadi. Maka dengan hal initidak ada sebuah simpati atau empati bahkan kerjsama namun mereka lebih memikirkan dirinya sendiri yang penting bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Hal ini disebabkan oleh kebebasan yang secara luas yang diberikan oleh pasar bebas. (Baca juga : pengertian motif ekonomi)

4. Campur tangan pemerintah sangat terbatas

Keberadaan pemerintah sangat dibatasi dalam pasar bebas, tidak ada sebuah kebebasan atau ruang pemerintah dalam mengatur perekonomian. Pemerintah tidak bisa campur tangan dalam segala aktivitas perekonomian yang ada di pasar bebas karena memang hak perorangan sangat diakui. Pemerintah hanya diberikan sedikit saja ruang, mereka boleh ikut campur ketika memang pihak swasta tidak bisa melakukannya, antara lain menjaga keamanan pasar dan lainnya. Pada dasarnya ruang gerak yang diberikan pasar bebas kepada pemerintah hanya sebatas keamanan pasar. (Baca juga : Dasar Hukum Asuransi , Fungsi Pasar Valuta Asing)

Selanjutnya kita akan membahasa mengenai kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh pasar bebas. Kelebihan dan kelemahan ini disebabkan oleh kebebasan yang diutamakan dalam pasar bebas, adapun kelebihan dan kekurangan pasar bebas yakni :

Kelebihan Pasar Bebas

  • Hak perorangan diakaui dan semua pihak memiliki hak untuk memiliki kekayaan dan sumber daya produksi

Dengan konsep ini semua pihak non pemerintah merasa diakui dan dihargai keberadaannya. Hal ini menjadikan masyarakat suatu negara akan lebih sadar dan produktif dalam melaksanakan segala kegiatannya terutama di b idang perekonomian. Selain itu dengan sebuah pengakuan ini masyarakat akan mendukung sepenuhnya dalam kemajuan perekonomian suatu negara. (Baca juga : tujuan mempelajari ilmu ekonomi)

  • Kreatifitas dan inovasi masyarakat bisa dikembangkan

Dengan adanya sebuah kebebasan yang diberikan maka masyarakat akan memunculkan berbagai macam kreatifitas dan inovasi dalam dunia perekonomian. Mereka akan mendapatkan kebebasan dalam berfikir, berpendapat dan lainnya sehingga akan timbul kreatifitas dan inovasi yang akan membantu kemajuan perekonomian negara. (baca juga : manfaat ekonomi kreatif – tujuan ekonomi kreatif)

  • Motivasi tinggi untuk bersaing dalam upaya mendapatkan menghasilkan produk yang berkualitas

Persaingan bebas menjadi makanan sehari-hari di pasar bebas. Ini bisa menjadikan hal positif bagi perjalanan perekonomian. Dengan adanya persaingan ketat itu akan timbul motivasi tinggi dari setiap individu untuk menciptakan sebuah produk yang berkualitas dan baik. hal ini wajib dilakukan jika tidak ingin kalah saing dengan pihak lain. (Baca juga : faktor pembangunan ekonomi , Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten)

  • Segala bentuk tindakan diarahkan pada prinsip ekonomi sehingga efektif dan efisien

Meskipun terbilang bebas namun dalam pasar bebas juga ada sebuah aturan yakni segala bentuk kegiatan didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi. Dengan begitu kebebasan yang terjadi akan membuahkan hasiul yang maksimalm karena memang sesuai dengan prinsip ekonomi. (Baca juga: prinsip-prinsip ekonomi syariah ,  hukum permintaan dan penawaran)

Sponsors Link

Kelemahan Pasar Bebas

  • Ekspolitasi yang dilakukan oleh para penguasa terhadap masyarakat ekonomi lemah

Ada beberapa dampak negatif adanya pasar bebas, salah satunya terjadinya eksploitasi yang dilakukan para penguasa kepada masyarakat lemah, dimana para penguasa bebas bertindak sesuka hati dan pihak yang lenmah harus menurutinya. Hal ini bisa terjadi karena memang pihak lemah membutuhkan hal itu untuk memnuhi kebutuhannya jadi mereka mau menerima apapun yang diinginkan oleh penguasa. Faktor lain yang menyebabkan hal ini terjadi karena memang tidak ada peraturan atau kebijakan dari pemerintah sehingga pihak lemah tidak mendapatkan perlindungan. (Baca Juga: Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi , Hubungan Pasar Uang dan Pasar Modal dalam Perekonomian)

  • Terjadinya monopoli yang berujung pada kerugian

Monopoli akan terjadi dalam pasar bebas, karena memang kebebasan diberikan seluas-luasnya pada semua pihak. Dengan adanya monopoli ini akan memperkaya pihak yang memiliki kekuatan dan membuat yang lemah semakin miskin. (Baca Juga: teori perilaku konsumen)

  • Munculnya kesenjangan ekonomi

Dalam pasar bebas juga mudah timbul kesenjangan ekonomi, dimana pihak atas dan bawah ttidak bisa bersinergi. Namun diantara dua pihak ini memikirkan dirinya sendiri sehingga pihak yang memiliki kekuatan pasti akan berkuasa dan yang lemah akan menjadi semakin lemah. (Baca juga : Cabang Cabang Ilmu Ekonomi)

  • Banyak terjadi masalah dalam pasar

Pasar bebas menjadikan perekonomian suatu negara cenderung tidak stabil karena dalam pasar ini sering terjadi masalah karena banyak pihak yang bersaing sehingga mereka berebut untuk mendapatkan yang terbaik.

Artikel terkait : kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi liberal

Demikian informasi mengenai pasar bebas, dimana segala sesuatu yang dilakukan di dalam pasar ini bebas sesuai dengan keinginan semua pihak yang berkaitan di dalamnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Bisnis