Sponsors Link

5 Cara Bisnis Bitcoin Bagi Pemula Agar Sukses

Di era internet dimana informasi datang dan berganti secara cepat, siapapun dan dimanapun seseorang dapat menjadi seorang yang sukses. Banyak pekerjaan yang hanya melalui akses internet yang sudah terbukti menghasilkan pendapatan yang bahkan bisa melebihi pekerja kantoran. Internet memang fenomenal, oleh karenanya banyak orang yang mulai melirik bisnis internet, salah satunya bisnis bitcoin. Bagi anda yang sudah lama dan rajin melihat-lihat berbagai macam bisnis yang ada di internet mungkin bitcoin bukanlah hal yang asing lagi. Namun, bagi anda yang belum atau sekarang lagi ingin mencoba bisnis internet, maka bitcoin dapat menjadi salah satu pilihannya.

ads

Baca juga: cara memulai bisnis travel – keuntungan bisnis pulsa – cara memulai bisnis makanan ringan

Bagi yang belum tahu mengenai bitcoin maka bitcoin merupakan mata uang virtual (elektronik) yang dapat digunakan oleh siapa saja di seluruh dunia. Bitcoin pertama kali ditemukan dan dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto (masih menjadi perdebatan). Sebagai mata uang, bitcoin berfungsi sebagai alat pembayaran secara online. Dilihat dari fungsinya, bitcoin memang mirip dengan kartu kredit namun bitcoin tidak terikat pada regulasi dari negara manapun sehingga biaya administrasi dari kegiatan transaksipun sangat kecil. (baca juga: dasar hukum apbn)

Dari fungsi bitcoin memang mirip dengan kartu kredit yang dapat memudahkan kita untuk melakukan transaksi jual beli secara online yang bersifat internasional, namun dari segi bentuk, bitcoin berbeda dengan kartu kredit (yang mengkonversi dari mata uang satu ke mata uang lainnya) maka bitcoin hanyalah berupa file yang berisi kode rahasia yang dibuat dengan cara yang super canggih sehingga tidak mudah untuk ditiru atau dipalsukan. Begitu banyak kelebihan/ keuntungan dalam menggunakan bitcoin sehingga bitcoin saat ini menjadi bisnis yang sangat diminati. Agar lebih jelas, berikut beberapa kelebihan/ keuntungan dalam menggunakan bitcoin:

  1. Keamanan

Berbeda rupa dengan mata uang konvensional yang rawan dengan tindakan pemalsuan, aturan kriptografi yang diterapkan pada bitcoin membuat bitcoin memiliki resiko pemalsuan yang jauh lebih kecil. Hal ini karena bitcoin memiliki kode rahasia tertentu maka bitcoin sulit untuk dipalsukan sehingga lebih aman. (Baca juga: cara bisnis agen kuota)

  1. Dapat berperan sebagai mata uang global

Akibat era informasi dan komunikasi yang berkembang pesat, batasan-batasan negara sekarang jadi sulit terlihat. Hal ini juga berlaku untuk mata uang bitcoin yang dapat berperan sebagai mata uang global karena bitcoin bukan merupakan mata uang yang dikeluarkan oleh negara tertentu tetapi mata uang yang dapat digunakan oleh setiap negara dan tidak terpengaruh dengan kondisi apapun di suatu negara. (baca: tujuan ekonomi kreatif)

  1. Memberikan perlindungan inflasi

Seperti perannya emas yang dapat berperan sebagai nilai lindung inflasi, bitcoin juga memberikan perlindungan yang sama. Bitcoin mampu menekan laju pertumbuhan inflasi yang berlebihan. (baca: dasar hukum bumn)

Sponsors Link

  1. Tabungan

Memiliki peran seperti emas, bitcoin juga bisa menjadi tabungan berbentuk baru bagi masyarakat dengan sistem yang mudah dan sederhana. Sebagai tabungan, bitcoin memiliki kelebihan dibanding tabungan yang lainnya yaitu kecilnya biaya transaksii karena semua perantara tabungan yang biasa ada di bank-bank dapat dihilangkan pada sistem bitcoin.

Baca juga:

Dari kelebihan/ keuntungan yang didapat dari sistem bitcoin, bitcoin sebagai mata uang juga sangat menguntungkan bila digunakan dalam dunia bisnis.

Berikut, cara bisnis bitcoin yang menguntungkan:

  1. Daftar Dompet (Wallet) Bitcoin

Ya, tentu saja cara pertama untuk masuk dalam dunia bisnis bitcoin ialah mendaftar. Dalam mendaftar hal pertama yang anda lakukan ialah mendaftar dompet (wallet) bitcoin. Saat mendaftar, pastikan bahwa anda mengingat dengan baik atau mencatat dengan rapi mengenai identifier dan password anda karena untuk sangat diperlukan saat login nantinya. Laman dompet (wallet) bitcoin tidak akan menyimpan password anda, jadi andalah yang harus mengingat dan mencatatnya dengan baik. (baca: pengertian motif ekonomi – cara meminjam uang di bank asing)

  1. Membuat akun bitcoin

Setelah mendaftar dompet (wallet) Bitcoin, langkah selanjutnya ialah membuat akun di bitcoin. Jika ingin melihat estimasi penghasilan yang akan anda dapatkan, maka pada bagian jual dan beli anda dapat mencoba untuk memasukkan angka yang ingin anda beli dan berapa nilai jualnya saat itu. Dengan mengisi alamat dompet (wallet) bitcoin sebenarnya saat itu juga anda sudah dapat membeli sejumlah bitcoin yang selanjutnya dapat anda jual kembali, mirip seperti investasi emas, membeli saat harga murah dan menjual saat harga mahal. Cara membeli dan menjual bitcoin merupakan cara yang paling mudah dalam memulai bisnis bitcoin. Selain dengan mendaftar dompet (wallet) bitcoin, anda dapat juga langsung mendaftar bitcoin tanpa melalui dompet (wallet) bitcoin.

ads
  1. Membuat akun dagang di Bitcoin

Berdagang secara rutin dengan akun dagang Bitcoin. Seperti yang telah disebutkan jika berdagang atau melakukan jual saat harga mahal dan beli saat harga murah merupakan cara termudah untuk menghasilkan dalam bisnis Bitcoin maka cara ini pun dapat anda lakukan jika ingin mendapatkan keuntungan dengan cara yang tidak membuat anda pusing karena caranya sama seperti cara investasi emas. (baca: jenis-jenis badan usaha)

  1. Membeli bitcoin dengan kuasa penuh pada anda

Dalam sistem bisnis bitcoin, anda dapat menentukan sendiri berapa harga bitcoin yang ingin anda beli sehingga kuasa penuh atas investasi anda berada pada tangan anda sendiri. Cobalah terlebih dahulu membeli bitcoin dengan harga yang murah (misal 100.000 rupiah) dan jangan langsung kalap untuk membeli dengan harga yang mahal karena bagaimanapun namanya bisnis selalu ada pergerakan nilai trafik yang naik turun. (baca: keuntungan bisnis fotokopi)

  1. Melakukan cara lain dalam menghasilkan keuntungan di bitcoin

Berdagang atau berjualan bitcoin memang merupakan cara mudah, namun ada cara lain yang dapat anda lakukan jika ingin sukses dalam bisnis bitcoin. Ada tiga cara yang dapat anda lakukan jika ingin bitcoin memberikan pendapatan untuk anda, yaitu:

  • Menilai sendiri bitcoin anda

Untuk menilai sendiri bitcoin anda dan selanjutnya menjual bitcoin, anda dapat menentukan sendiri nilai yang pantas bagi anda dalam membeli dan menjual bitcoin anda. Agar anda tidak salah dalam membeli maupun menjual bitcoin dan mendapatkan nilai yang pantas maka anda harus selalu update dengan nilai bitcoin setiap harinya.

  • Membeli cloud mining

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, belilah cloud mining atau pertambangan bitcoin yang biasanya dijual dalam satuan GHS. Jadi, saat harga naik maka hasil tambang yang berupa bitcoin dapat anda jual kembali dalam bentuk cloud mining atau pertambangannya dalam satuan GHS maupun dalam bentuk produknya yang berupa bitcoin.

  • Membeli saham perusahaan dengan bitcoin

Karena bitcoin mengalami perkembangan yang positif dari tahun ke tahun maka cukup banyak perusahaan yang menjual saham mereka di bitcoin. Sebagai pebisnis, anda dapat mencoba membeli beberapa saham yang ada di bitcoin.

Baca: ciri-ciri sistem ekonomi liberal – negara yang menganut sistem ekonomi liberal)

Disisi lain kelebihan/ keuntungan dalam sistem bitcoin maupun kemudahan dalam berbisnis bitcoin maka sebagai tempat bisnis selalu akan ada kelemahan yang terdapat di dalamnya. Berikut kelemahan dalam bitcoin, yaitu:

  1. Goyah, tidak stabil

Bitcoin memang merupakan mata uang virtual yang fenomenal namun juga bersifat spekulatif. Saat ini, nilai bitcoin mudah goyah dan cenderung tidak stabil akibat belum cukup banyak perusahaan yang menawarkan pembelian dan penjualan produk-produk mereka dengan menggunakan bitcoin sebagai alat pembayarannya.

  1. Tingkat resiko cukup tinggi

Bitcoin yang merupakan mata uang virtual tidak memiliki wujud karena bitcoin hanya berupa file digital yang disimpan di dalam dompet atau disebut wallet file sehingga rentan rusak karena serangan virus dan rentan pencurian.

  1. Alat pencucian uang yang baru

Disamping banyak kelebihan karena siapapun dan dimanapun dapat berinvestasi dengan bitcoin, bitcoin juga ternyata rentan sebagai alat pencucian uang.

Baca juga:

Dari berbagai kelebihan/keuntungan, kemudahan dalam sistem bitcoin dan kekurangan/ kelemahan bitcoin, maka dapat disimpulkan bahwa bitcoin memang merupakan tempat bisnis baru (secara online) yang menjanjikan namun sekaligus memiliki resiko yang cukup tinggi. Sebagai pebisnis yang bercita-cita ingin sukses dan untung banyak, sikap kehati-hatian dan kecermatan sangat diperlukan dalam berbagai bisnis, terlebih dalam bisnis bitcoin yang minim/ belum ada kontrol pemerintah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Bisnis