Sponsors Link

20 Reksadana Terbaik Di Indonesia Tahun 2017

Investasi merupakan hal yang tidak dipisahkan dari proses perencanaan keuangan investasi juga hal yang sangat penting karena dengan berinvestasi selain menguntungkan juga dapat menjaga finansial anda agar tidak terlalu boros dalam penggunaan uang dan juga dapat menjamin kehidupan anda dimasa depan. Reksadana merupakan salah satu investasi yang tergolong murah tanpa harus membutuhkan dana yang besar dengan nominal modal yang ringan anda sudah bisa berinvestasi. Investasi reksadana sangat tepat bagi anda yang ingin berinvestasi tetapi tidak memiliki modal yang cukup besar. Hanya dengan modal awal sebesar 100.000 sampai 1.000.000 anda dapat membeli salah satu dari berbagai macam produk reksadana di manajer investasi yang anda percaya dan yang nantinya manajer investasi anda yang akan mengelola modal anda. Manajer Investasi (MI) merupakan penerbit reksadana dimana anda dapat membeli produk pada manajer investasinya langsung atau pada Bank yang menjual reksadana seperti Commonwealth, Citibank, BCA, BNI, HSBC dan masih banyak lagi. (Baca Juga: Fungsi Lembaga Keuangan , Cara Pembayaran Kartu Kredit)

ads

Pengertian Reksadana

Sebelum membahas lebih jauh mengenai produk reksadana, penulis akan mengulas terlebih dahulu pengertian tentang reksadana agar pembaca mengerti apa itu reksadana. Jadi, reksadana merupakan suatu wadah untuk menampung dana yang diinvestasikan oleh sekumpulan investor dengan cara membeli salah satu atau beberapa produk reksadana pada manajer investasi yang terpercaya. Nantinya dana atau modal para investor akan dikelola oleh manajer investasi ke dalam portofolio investasi baik berupa pasar uang, obligasi, saham ataupun efek atau sekuriti lainnya. (Baca Juga: Investasi Reksadana Syariah , Jenis Reksadana)

Jenis-Jenis Reksadana

Sebelum membeli produk reksadana sebaiknya ketahui lebih dulu jenis jenis reksadana agar sesuai dengan tujuan yang anda inginkan, berikut penjelasannya untuk membantu anda dalam menentukan investasi reksadana :

  1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang yaitu seluruh penempatan dananya pada deposito yang memiliki jatuh tempo di bawah 1 tahun. Reksadana ini memiliki resiko yang sangat rendah tetapi return yang didapat relatif lebih kecil dibanding reksadana yang lainnya. Reksadana ini sangat cocok untuk anda yang memiliki tujuan seperti menikah, liburan atau umroh dalam jangka waktu 1-2 tahun kedepan.(Baca Juga: Manfaat Pasar Uang)

  1. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap seluruh penempatan dananya minimal 80% pada obligasi, investasi reksadana pendapatan ini merupakan investasi menengah dimana jangka waktu investasinya yaitu 1-3 tahun atau 5 tahun. Investasi ini kurang cocok bagi anda yang ingin berinvestasi jangka pendek. Return dari investasi reksadana pendapatan tetap ini lebih besar dari reksadana pasar uang walaupun lebih beresiko tetapi tidak sebesar resiko investasi reksadana campuran. (Baca Juga: Konsep Pendapatan Nasional , Sumber Pendapatan Daerah)

  1. Reksadana Campuran

Reksadana campuran penempatan dananya yaitu pada obligasi dan saham. Return yang didapat dari reksadana campuran ini bisa lebih besar dari reksadana pendapatan tetap tetapi tidak lebih besar dari reksadana saham. Reksadana campuran ini cukup beresiko karena penempatan dana investasi pada saham. (Baca Juga: Dasar Hukum APBN)

  1. Reksadana Saham

Reksadana Saham merupakan investasi saham yang diperdagangkan di BEI (Bursa Efek Indonesia dan penempatan dana minimal 80% pada saham. Reksadana saham memiliki return yang cukup tinggi dibanding reksadana yang lainnya tetapi memiliki resiko yang tinggi pula. Investasi ini sebaiknya dipakai untuk tujuan jangka panjang contohnya untuk investasi pendidikan anak, dana pensiun atau biaya hidup di hari tua nanti. Karena investasi reksadana saham ini apabila jangka waktunya semakin lama maka akan semaikn besar juga return yang di dapat. (Baca juga: Keuntungan Investasi Saham)

ads

Produk Reksadana Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu reksadana dan juga jenis jenis reksadana penulis akan membahas produk produk terbaik reksadana yang ada di Indonesia, berikut pembahasannya:

  1. Capital Money Market Fund

Capital money market fund merupakan produk dari reksadana pasar uang. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 7,3% dana kelolaannya sebesar 307.79 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Capital Asset Management. (Baca Juga: Dasar Hukum Gadai , Pengertian Pasar Bebas)

  1. Syailendra Dana Kas

Syailendra Dana Kas merupakan produk dari reksadana pasar uang. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 7,5% dana kelolaannya sebesar 525.99 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Syailendra Capital. (Baca Juga: Keuntungan Memiliki Kartu Kredit , Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis)

  1. Cipta Dana Cash

Cipta Dana Kas merupakan produk dari reksadana pasar uang. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 8,06% dana kelolaannya sebesar 416.48 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Ciptadana Asset Management. (Baca Juga:  cara mengajukan kartu kredit)

  1. Sucorinvest Money Market Fund

Sucorinvest Money Market Fund merupakan produk dari reksadana pasar uang. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 8,19% dana kelolaannya sebesar 83.43 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Sucorinvest Asset Management.(Baca Juga: Resiko Investasi di Pasar Uang , Jenis Instrumen Investasi)

  1. Insight Money

Insight Money merupakan produk dari reksadana pasar uang. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 8,57% dana kelolaannya sebesar 576.86 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Insight Investments Management.

  1. MNC Dana Syariah

MNC Dana Syariah merupakan salah satu produk dari reksadana Pendapatan tetap. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 10,07% dengan dana kelola sebesar 55.39 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. MNC Asset Management.  (Baca juga : tindakan ekonomi rasional – contoh tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari)

  1. MNC Dana Likuid

MNC Dana Likuid merupakan salah satu produk dari reksadana Pendapatan tetap. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 10,15% dengan dana kelola sebesar 190.95 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. MNC Asset Management. (Baca juga : keuntungan investasi properti , Faktor Pembangunan Ekonomi )

  1. Simas Income Fund

Simas Income Fund merupakan salah satu produk dari reksadana Pendapatan tetap. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 10,90% dengan dana kelola sebesar 1.343.58 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT Sinarmas Asset Management. (Baca juga : kelebihan dan kekurangan menabung di Bank , Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten)

  1. Si Dana Obligasi Maxima

Si Dana Obligasi Maxima merupakan salah satu produk dari reksadana Pendapatan tetap. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 11,54% dengan dana kelola sebesar 55.22 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen.

  1. SAM Sukuk Syariah Sejahtera

SAM Sukuk Syariah Sejahtera merupakan salah satu produk dari reksadana Pendapatan tetap. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 12,05% dengan dana kelola sebesar 67.35 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Samuel Aset Manajemen. (Baca juga : cara mengajukan kartu kredit , cara mengajukan kpr)

  1. Phillip Rupiah Balance Fund

Phillip Rupiah Balance Fund merupakan salah satu produk dari reksadana campuran. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 18,61% dengan dana kelola sebesar 42.39 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Phillip Aset Manajemen. (Baca juga: Badan Usaha Milik Desa , Perbedaan CV dan PT)

  1. Minna Padi Keraton II

Minna Padi Keraton II merupakan salah satu produk dari reksadana campuran. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 21,98% dengan dana kelola sebesar 754.97 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Minna Aset Manajemen. (Baca juga : kebutuhan dasar manusia , Fungsi Lembaga Keuangan)

  1. SAM Dana Bersama

SAM Dana Bersama merupakan salah satu produk dari reksadana campuran. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 31,00 % dengan dana kelola sebesar 68.97 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Samuel Aset Manajemen.

  1. HPAM Flexi Plus

HPAM Flexi Plus merupakan salah satu produk dari reksadana campuran. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 35,54% dengan dana kelola sebesar 308.72 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Henan Putihrai Aset Manajemen. (Baca juga : macam kredit pasif , Cara Bisnis Online Shop Bagi Pemula)

  1. Net Dana Flexi

Net Dana Flexi merupakan salah satu produk dari reksadana campuran. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 35.59% dengan dana kelola sebesar 50.53 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Net Asset Management.

  1. OSO Sustainability Fund

OSO Sustainability Fund merupakan salah satu produk dari reksadana Saham. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 39,311% dengan dana kelola sebesar 479.726 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. OSO Managemen Investasi. (Baca juga : manfaat internet untuk ekonomi , Manfaat Ekonomi Perikanan)

Sponsors Link

  1. SAM Indonesia Equity Fund

SAM Indonesia Equity Fund merupakan salah satu produk dari reksadana Saham. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 39,968% dengan dana kelola sebesar 2,465.47 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Samuel Aset Manajemen. (Baca juga: Penyebab Usaha Bangkrut , Kegiatan Usaha Bank Syariah)

  1. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Sucorinvest Sharia Equity Fund merupakan salah satu produk dari reksadana Saham. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 41,187% dengan dana kelola sebesar 29.647 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Sucorinvest Asset Management. (Baca juga : contoh prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari , Cara Investasi Emas Untuk Pemula)

  1. Sucorinvest Equity Fund

Sucorinvest Equity Fund merupakan salah satu produk dari reksadana Saham. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 47,993% dengan dana kelola sebesar 141.96 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Sucorinvest Asset Management.

  1. Treasur Fund Super Maxi

Treasur Fund Super Maxi merupakan salah satu produk dari reksadana Saham. Dengan return dalam jangka satu tahun sebesar 50,856% dengan dana kelola sebesar 963.12 Milyar. Dan dikelola oleh Manajer Investasi PT. Treasur Fund Investama.  (Baca juga : jenis-jenis kredit – unsur-unsur kredit)

Demikian daftar peringkat terbaik produk reksadana mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan reksadana saham. Dengan adanya peringkat ini bukan berarti produk reksadana yang lain tidak bagus, pengklasifikasian ini hanya dilihat berdasarkan kinerja 1 tahun terakhir. Apabila kita melihat kinerja produk reksadana dalam jangka 3 tahun atau 5 tahun bisa jadi ada produk reksadana lain yang memiliki kinerja yang lebih bagus. (Baca Juga: Jenis Tenaga Kerja , Penyebab Usaha Sepi)

Sebelum membeli reksadana sebaiknya pertimbangkan lebih dulu apa tujuan anda berinvestasi, berapa lama jangka waktu anda akan berinvestasi dengan begitu anda akan tahu jenis produk reksadana mana yang akan anda pilih, dan berapa dana yang akan anda investasikan setiap periodenya dan berapa dana yang anda butuhkan. Jadi, alangkah baiknya bagi pembaca yang ingin membeli salah satu atau beberapa produk reksadana untuk melakukan riset lebih lanjut agar sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Investasi